Sabtu, 27 Januari 2018 14:04

'Silent n Deadly' ratsus marinir rebut Pantai Tanjung Balai Karimun

Banjir

Sebanyak 568 Prajurit Korps Marinir dipimpin Letkol Mar Didik Iwan S. SE.,M.Tr.,(Hanla), melaksanakan serbuan dalam rangkaian latihan Pendaratan Khusus (Ratsus) Pasmar - 2 Th. 2018 di Pantai Tanjung Balai Karimun, Kepri Riau, Sabtu (27/01).



"Day Of The Day" Pada waktu yang bersamaan dengan 4 titik sasaran berbeda Prajurit Korps Marinir TNI - AL melaksanakan Ratsus di Perairan Riau menggunakan KRI Teluk Bintuni 520, Ratsus diawali dengan renang rintis oleh prajurit Intai Ampibi Marinir sampai ke bibir pantai, dan memberikan tanda taktis, serta mengaet satu persatu perahu karet membentuk parimeter pantai, dengan bergerak dengan penuh kerahasiaan yang sangat tinggi, kemudian melaksanakan serangan per Kompi Masing masing, dilanjutkan konsolidasi pasukan dan pertahahan Kompi, serta Pengepungan Rumah (Pungdahmah) dan diakhiri dengan serangan batalyon.



Musuh telah menduduki wilayah Tanjung Balai Karimun, kekuatan musuh telah diketahui. Sasaran Kompi H dipimpin oleh Komandan Kompi (Danki) Lettu Mar A. Siregar ,1 Pleton Musuh diperkuat dengan 2 pucuk MO (Mortir) 60mm menduduki Desa Pongkar dan sekitarnya, Kemudian 1 peleton berupa pertahanan musuh menjaga Radar yang menduduki Tanjung Balai Karimun di desa Telukuma, merupakan sasaran Kompi A yang di komandani oleh Danki Lettu Mar Anto, di lain tempat 1 peleton berupa pertahanan musuh menjaga gudang logistik dengan 2 pucuk SMS (Senjata Mesin Sedang) juga menduduki Desa Ambat menjadi sasaran Kompi D dengan Danki Lettu Mar Asril, sementara di wilayah Desa Teluk Air terdapat Posko dengan kekuatan 1 Kompi diperkuat dengan satu MO-60mm dan dua pucuk SMS, merupakan sasaran Batalion Marinir yang dipimpin oleh Letkol Mar Didik Iwan S. SE.,M.Tr.,(Hanla) Komandan Yonif-4 Mar yang sekaligus pucuk pimpinan latihan Ratsus Pasmar-2 Th. 2018.



Melihat situasi yang sudah tidak kondusif Pasukan Korps Marinir yang tergabung dalam latihan Ratsus Pasmar -2 Th. 2018 ini segera mengambil langkah untuk merebut kembali Tanjung Balai Karimun yang telah dikuasai musuh, dengan melakukan pendaratan khusus yang melibatkan 568 personel dan 61 perahu karet.



Pendaratan Khusus ini, merupakan bagian dari skenario latihan Ratsus Pasmar - 2 Th. 2018, Latihan ini dilaksanakan untuk menguji kecepatan, kekompakkan, dan kerahasiaan dalam penyerangan dan pertahanan secara cepat dan aman.



Hadir dalam latihan Ratsus kali ini, Kas Kormar Brigjen TNI (Mar) Hasanudin, Wadan Pasmar-2 Kolonel Mar Sarjito, Asintel Pasmar-2 Kolonel Mar Amir Kasman,Paban Ops Pasmar-2 Letkol Mar Rudi Marpaung, dan pejabat Utama Korps Marinir Pasmar-2, serta Pejabat Lanal Tanjung Balai Karimun. (Penkormar)

favorite 0 likes

question_answer 0 Updates

visibility 1249 Views

Update
No Update Available
Related News
Meski tidak hujan, simpang perempatan Mampang-Pancoran Mas Depok, tergenang banjir
Tujuh kecamatan di Kabupaten Brebes terendam banjir
Banjir rendam perempatan Kodim, Pancoran Mas, Depok
×