Selasa, 13 Agustus 2019 08:39

Hallo Puskesmas membahas manfaat Vitamin A

Kesehatan

Setiap bulan Februari dan Agustus yang merupakan Bulan Vitamin A, di Posyandu atau di fasilitas kesehatan dibagikan vitamin A secara gratis untuk anak balita.

Kurang Vitamin A (KVA) masih merupakan masalah yang tersebar di seluruh dunia terutama di negara berkembang dan dapat terjadi pada semua umur terutama pada masa pertumbuhan . Salah satu dampak kurang vitamin A adalah kelainan pada mata yang umumnya terjadi pada anak usia 6 bulan sampai dengan 4 tahun yang menjadi penyebab utama kebutaan di negara berkembang.

Kurang Vitamin A pada anak biasanya terjadi pada anak yang menderita Kurang Energi Protein (KEP) atau gizi buruk sebagai akibat asupan zat gizi sangat kurang,termasuk zat gizi mikro dalam hal ini vitamin A.

Anak yang menderita kurang vitamin A mudah sekali terserang infeksi seperti infeksi saluran pernafasan akut, campak, cacar air, diare, dan infeksi lain karena daya tahan anak menurun.

Namun masalah kekurangan vitamin A dapat juga terjadi pada keluarga dengan penghasilan cukup. Hal ini terjadi karena kurangnya pengetahuan orang tua terutama ibu tentang gizi yang baik. Gangguan penyerapan pada usus juga dapat menyebabkan kekurangan vitamin A.

Hallo Puskemas bersama Fitriana Candra Dewi SKM dan Yulvica Fauziah SKM dari Puskesmas Ngemplak Simongan Semarang, dengan tema "Manfaat Vitamin A", di Fit Radio Semarang, Selasa (13/8) pagi.

favorite 0 likes

question_answer 0 Updates

visibility 165 Views

Update
No Update Available
Related News
Adinia Wirasti jadi duta kampanye `help them to see` dari Lions Eye Bank Jakarta
Membahas HIV/AIDS bersama Puskemas Manyaran Semarang
Hallo Puskesmas bahas `Corpus Alienum di Organ Mata dan THT`
×