Jumat, 22 November 2019 15:08

Hallo Puskesmas Puskesmas Pudakpayung bahas cacar air

Kesehatan

Penyakit cacar air atau dalam istilah medis disebut varicella adalah infeksi yang disebabkan virus Varicella zoster. Penderita yang terinfeksi virus ini ditandai dengan munculnya ruam kemerahan berisi cairan yang sangat gatal di seluruh tubuh.

Pada sebagian besar penderitanya, cacar air merupakan penyakit ringan, khususnya setelah digalakkan program vaksinasi cacar air pada pertengahan tahun 1990-an. Kendati demikian, cacar air tetap dapat menimbulkan komplikasi yang lebih serius pada penderita yang memiliki sistem kekebalan tubuh lemah, misalnya penderita HIV/AIDS.

Cacar air disebabkan oleh virus, yang mudah menular melalui percikan ludah, serta kontak langsung dengan cairan yang berasal dari ruam. Penyakit ini lebih rentan menyerang anak-anak di bawah usia 12 tahun.

Selain itu, ada beberapa faktor lain yang dapat meningkatkan risiko cacar air, di antaranya:
• Belum pernah mendapat imunisasi cacar air
• Belum menerima vaksin cacar air, terutama ibu hamil
• Bekerja di tempat umum, seperti di sekolah atau rumah sakit

Pengobatan cacar air bertujuan untuk mengurangi keparahan gejala yang dialami oleh pasien, dengan atau tanpa bantuan obat. Ada beberapa pengobatan mandiri yang bisa dilakukan untuk meringankan gejala, yaitu:
- Perbanyak minum dan mengonsumsi makanan yang lembut.
- Tidak menggaruk ruam atau luka cacar air.
- Mengenakan pakaian berbahan lembut dan ringan.

Sebagai upaya pencegahan penyakit cacar air, dianjurkan untuk melakukan vaksinasi cacar air. Di Indonesia sendiri, vaksinasi cacar air tidak termasuk dalam daftar imunisasi rutin lengkap, tapi tetap dianjurkan untuk diberikan.

Hallo Puskesmas bersama dr. Dina Setianingsih dari Puskesmas Pudakpayung, Semarang, Jawa Tengah, Jumat (22/11), membahas cacar air.

favorite 1 likes

question_answer 0 Updates

visibility 665 Views

Update
No Update Available
Related News
Selain artemisinin, masih banyak hadiah Tiongkok untuk dunia
Peng Liyuan berpidato di depan konferensi virtual Hari Tuberkulosis Sedunia 2022
Sambangi warganya, Polres Kepulauan Seribu bagikan masker gratis
×