Jumat, 13 Desember 2019 02:37

Mengenal PPOK bersama dr. Aslani Sp.P dari PDPI Cabang Jateng dalam program #HalloDokter Kesehatan

Kesehatan

PPOK atau dikenal dengan Penyakit Paru Obstruktif Kronis, disebut sebagai penyakit paru kronis yang biasanyadisebabkan oleh paparan asap rokok dengan jangka waktu yang lama. Dr. Aslani Specialis Paru dari PDPI Cabang Jateng menyebut "gejala paling sering dirasakan oleh penderita PPOK adalah sesak nafas, disertai dengan batuk, dan jika PPOK sudah masuk dalam tingkatan yang berat bisa menghambat aktivitas pada penderitanya".

PPOk biasanya dialami oleh laki-laki dengan usia lebih dari 40 tahun. PPOK paling banyak disebabkan oleh paparan asap rokok, namun tidak dipungkiri bisa juga disebabkan oleh polusi di dalam ruangan atau pun diluar ruangan, contohnya jika di dalam rumah menggunakan kayu bakar, maka akan menyebabkan asap yang mampu terhirup dan dalam jangka lama bisa menimbulkan PPOK. Sementara untuk polusi udara, pun bisa menimbulkan PPOK jika terkena secara terus-menerus.

Menurut dr. Aslani Sp.P, dirinya menyampaikan "Salah satu pencegahan yang bisa dilakukan, adalah dengan menghindari faktor resiko utama dalam hal ini (perokok), penggunaan masker ketika berada diluar ruangan".

Untuk mengenali seseorang terkena PPOk, biasanya ditandai dengan batuk yang semakin kronis, dalam hal ini batuk akan terjadi secara berkelanjutan dengan keadaan yang semakin memburuk.

favorite 0 likes

question_answer 0 Updates

visibility 469 Views

Update
No Update Available
Related News
Selain artemisinin, masih banyak hadiah Tiongkok untuk dunia
Peng Liyuan berpidato di depan konferensi virtual Hari Tuberkulosis Sedunia 2022
Sambangi warganya, Polres Kepulauan Seribu bagikan masker gratis
×