Senin, 27 Januari 2020 22:13

Andalkan keunggulan sistem dan berjibaku memerangi wabah virus corona

Luar Negeri

Kantor Informasi Dewan Negara Tiongkok menggelar jumpa pers terkait pencegahan dan penanggulangan wabah virus Corona pada hari Minggu kemarin (26/1). Dalam jumpa pers tersebut ditegaskan perlunya melakukan penanggulangan wabah virus Corona di bawah pimpinan tim kerja antisipasi wabah pemerintah pusat. Jumpa pers tidak hanya merespons keprihatinan masyarakat, juga memberikan pemaparan mengenai instruksi Dewan Harian Politbiro Komite Sentral Partai Komunis Tiongkok (PKT) yang diadakan sehari sebelumnya.

Pada 25 Januari yakni tanggal 1 penanggalan Imlek, Dewan Harian Politbiro PKT menggelar sidang khusus untuk mendengarkan laporan tentang pengendalian dan pencegahan wabah virus Corona jenis baru. Sidang dipimpin Sekretaris Jenderal Komite Sentral PKT Xi Jinping. Sidang memutuskan pembentukan tim kerja khusus untuk memimpin penanggulangan wabah virus Corona.

Sementara itu, pemerintah pusat akan mengirim tim pembimbing ke Provinsi Hubei dan daerah lainnya yang paling parah dilanda wabah virus Corona. Ini menandakan pengendalian dan pencegahan wabah sudah dinaikkan ke level tertinggi, sekaligus memperlihatkan tekad PKT sebagai partai berkuasa dalam melindungi keselamatan jiwa dan kesehatan rakyat, serta tanggung jawabnya dalam menjaga keamanan kesehatan global.

Dalam proses penanggulangan wabah kali ini, Tiongkok sekali lagi memperlihatkan keunggulan sistem politiknya dalam menghadapi kejadian luar bisa dengan dipimpin oleh partai berkuasa, atau tepatnya memberikan bantuan darurat terhadap pengendalian wabah yang dimulai dari Wuhan. Baru-baru ini media seluruh global ikut meliputi pembangunan rumah sakit sementara dalam waktu enam hari di Wuhan.

Rekaman video mengenai pembangunan Rumah Sakit Huoshenshan di Wuhan telah mendapat respons ramai warganet di luar negeri setelah dirilis China Media Group (CMG). Seorang netizen warga Selandia Baru menulis, “Tiongkok selalu menghebohkan dunia! Tiongkok telah memperlihatkan kepemimpinan yang sejati dan kuat!” . BBC Inggris memuat sebuah artikel yang berjudul Mengapa Tiongkok Bisa Membangun Sebuah Rumah Sakit dalam Enam Hari.

Artikel memuji pemerintah Tiongkok bisa mengatasi segala kendala birokratis dan memusatkan segala kekuatan dan segala sumber daya sosial untuk mencapai tujuannya.

Dari segala tindakan yang diambil pemerintah Tiongkok tercermin keunggulan sistem politik yang selalu berorientasi pada rakyat. Pemimpin tertinggi Tiongkok menegaskan perlunya menempatkan keselamatan jiwa dan kesehatan rakyat di posisi nomor satu, menangani wabah saat ini sebagai tugas nomor wahid, dan memberikan instruksi akurat terhadap pekerjaan penanggulangan wabah dewasa ini.

Saat ini pengendalian dan pencegahan wabah berada pada tahap krusial. Tiongkok tengah melakukan upaya isolasi dan pembersihan atau sterilisasi besar-besaran dengan menggunakan liburan tujuh hari Tahun Baru Imlek, dengan maksud berupaya semaksimal mungkin mencegah penyebaran lebih lanjut wabah. Dengan semangat berjibaku dan bersatu padu, Tiongkok yang berbekal pengalaman bertahun-tahun serta keunggulan sistem politik sosialis pasti akan menang dalam memerangi wabah virus Corona jenis baru kali ini.

favorite 1 likes

question_answer 0 Updates

visibility 216 Views

Update
No Update Available
Related News
Xi Jinping memimpin simposium mengenai pendorongan pembangunan Tiongkok barat di era baru
Tuntutlah ilmu walau sampai ke negeri Tiongkok
Xi Jinping inspeksi Taman Pusat Logistik Internasional Chongqing
×