Senin, 30 Maret 2020 11:57

Inspeksi Xi Jinping di Provinsi Zhejiang merupakan sinyal jelas pemeliharaan stabilitas rantai penyuplaian industri global

Luar Negeri

Presiden Tiongkok Xi Jinping mengadakan inspeksi di Provinsi Zhejiang pada hari Minggu kemarin (29/3). Ini merupakan inspeksi keempat Xi Jinping sejak pertempuran melawan wabah virus corona.

Pos inspeksi pertama - Pelabuhan

Pos inspeksi pertama Xi Jinping di Zhejiang adalah Pelabuhan Zhoushan, Ningbo. Beliau ingin mengetahui keadaan pemulihan pekerjaan di pelabuhan. Pada tahun lalu, kapasitas bongkar muat pelabuhan Zhoushan tercatat 1,12 milyar ton, dan terus menduduki peringkat nomor satu di dunia dalam waktu 11 tahun terakhir, sedangkan kapasitas kontainernya mencapai 27,535 juta TEU, menduduki peringkat ketiga di seluruh pelabuhan dunia.

Terdampak wabah virus corona, kapasitas bongkar muat Pelabuhan Zhoushan telah mencapai 163 juta ton pada dua bulan pertama tahun ini, mencapai 98 persen dibandingkan masa yang sama tahun lalu, sedangkan kapasitas kontainernya pulih hingga 90 persen dibandingkan masa yang sama tahun lalu yaitu mencapai 4,06 TEU.

Pelabuhan adalah peramal cuaca perkembangan ekonomi. Data statistik menunjukkan, 90 persen barang-barang diangkut ke luar negeri melalui pelabuhan. Dari 10 pelabuhan yang memiliki kapasitas bongkar muat dan kapasitas kontainer terbesar di seluruh dunia, 7 pelabuhan dimiliki oleh Tiongkok. Dari sini dapat terlihat, pelabuhan memainkan peranan penting dalam pemulihan produksi dan pemeliharaan stabilitas rantai penyuplaian dan rantai produksi global.

Kali ini Xi Jinping melakukan inspeksi di pelabuhan terbesar dunia, ini merupakan sinyal jelas untuk bersama-sama memelihara stabilitas rantai produksi dan rantai penyuplaian.

Pos inspeksi kedua - Beilun Daqi High Grade Auto Parts Mould Park

Pos inspeksi kedua Xi Jinping adalah Beilun Daqi High Grade Auto Parts Mould Park yang berada di distrik Beilun, kota Ningbo. Taman industri tersebut dihuni oleh 70 lebih perusahaan, dan sempat mendapat penghargaan sebagai Basis Teladan Industri Die Casting Tiongkok. Xi Jinping melakukan inspeksi ke sebuah perusahaan UKM swasta, yaitu Ningbo Zhenzhi Machinery Mould Co., Ltd.

Hingga tanggal 26 Maret pukul 24:00 lalu, tingkat pemulihan kapasitas produksi di provinsi Zhejiang mencapai 90,06 persen, tingkat pemulihan kapasitas produksi 110 ribu lebih perusahaan UKM mencapai 108,58 persen, dan tingkat pemulihan kapasitas produksi 3,97 juta perusahaan mikro dan pedagang swasta mencapai 88,2 persen. Kita ambil Ningbo Zhenzhi Machinery Mould Co., Ltd sebagai contoh, setelah menerima persetujuan pemulihan operasional pada tanggal 11 Februari lalu, kapasitas produksinya telah pulih hingga 80% dari kapasitas produksi normal pada tanggal 17 Februari lalu, dan saat ini telah pulih hingga 100 persen. Seluruh 115 karyawan kecuali 2 karyawan Hubei di antaranya, telah kembali bekerja.

Penanggung jawab perusahaan tersebut mengatakan, karena perusahaannya mendapat sejumlah banyak pesanan pada akhir tahun 2019, maka volume penjualan pada semester pertama tahun ini tidak terpengaruh, namun diprediksikan volume penjualan semester kedua akan menurun. Pemerintah setempat telah melakukan langkah bantuan terhadap perusahaan, termasuk mengurangi biaya listrik dan air serta biaya asuransi jaminan sosial bagi karyawan.

Xi Jinping menyatakan, semakin berada pada masa krusial saat ini, kita harus semakin memandang pembangunan negara secara keseluruhan, dialektis dan berjangka panjang, serta semakin meningkatkan dan menegaskan keyakinan.

favorite 0 likes

question_answer 0 Updates

visibility 44 Views

Update
No Update Available
Related News
Dari pidato Xi Jinping di Sidang KRN sampai sikapnya yang merakyat
Hong Kong tak akan jadi korban AS untuk pelihara hegemoninya di dunia
Para politikus AS masih bermimpi dalam masalah Hong Kong
×