Sabtu, 11 Juli 2020 23:34

Antisipasi karhutla, Polsek Sindangwangi Polres Majalengka laksanakan patroli hutan

Lingkungan

Musim kemarau yang berkepanjangan membuat lingkungan di wilayah hukum Polsek Sindangwangi Polres Majalengka Polda Jawa Barat menjadi gersang dan tanaman pun mulai banyak yang mengering, akibatnya dapat menimbulkan kerawanan kebakaran hutan dan lahan.

Salah satu kerawanan hutan antara lain di wilayah Awi Lega dan Curug Cipeuteuy Desa Bantaragung dan di wilayah Gunung Pola Desa Lengkong Wetan, Kecamatan Sindangwangi, daerah sekitar hutan tersebut sudah mulai mengering daun dan rantingnya.

Keadaan tersebut tak disia-siakan oleh anggota Polsek Mandiraja, Kapolsek Sindangwangi Iptu Udiyanto beserta Anggota melaksanakan patroli hutan. Hal ini sebagai langkah antisipasi pencegahan terhadap peristiwa karhutla, Kebakaran hutan dan lahan.

Seperti siang itu, yang dilakukan oleh Kapolsek Sindangwangi beserta anggota melakukan patroli menyusuri wilayah hutan di Wilayah Awi Lega Dan Curug Cipeuteuy Desa Bantaragung dan di wilayah Gunung Pola Desa Lengkong Wetan Kecamatan Sindangwang.

Kegiatan tersebut dilaksanakan secara intensif oleh Polsek Sindangwangi dalam rangka mencegah dan antisipasi tejadinya Karhutla, karena dengan situasi banyak dedaunan yang kering akan membuat mudah sekali api untuk membakar dan menjalar menjadi besar.

Kapolres Majalengka AKBP Dr.Bismo Teguh Prakoso melalui Kapolsek Sindangwangi Iptu Udiyanto mengatakan, antisipasi karhutla kami secara langsung bersama dengan anggota selalu intensif melaksanakan arahan ataupun himbauan kepada masyarakat sekitar hutan untuk berhati-hati jangan sampai membuang puntung rokok dan membakar sampah sembarangan karena bisa menimbulkan karhutla.

Pada kesempatan tersebut, anggota Polsek melakukan Patroli sekaligus memberikan pesan kamtibmas kepada masyarakat yang dijumpai disekitar hutan untuk berhati-hati jangan sampai melakukan aktivitas membuka lahan dengan cara dibakar dan bagi yang suka merokok untuk mematikan terlebih dahulu puntung rokoknya sebelum dibuang, semoga masyarakat bisa menjaga lingkungan dengan baik sehingga lingkungan tetap terjaga. Tukas Kapolsek Sindangwangi Iptu Udiyanto.

favorite 0 likes

question_answer 0 Updates

visibility 92 Views

Update
No Update Available
Related News
Xi Jinping minta bagian barat dukung pembangunan berkualitas tinggi dengan berlandaskan pelestarian bertaraf tinggi
Xi Jinping: Hendaknya seluruh masyarakat praktikkan konsep “air jernih dan gunung hijau adalah Gunung Emas dan Gunung Perak”
Kisah Xi Jinping pimpin pembangunan peradaban ekologis Tiongkok
×