Jumat, 28 Agustus 2020 03:48

Permasalahan bongkar muat di Pelabuhan

Komersial

Anggota Komisi V DPR RI Irwan Fecho menyoroti permasalahan bongkar muat yang dinilai menjadi permasalahan berulang dalam tubuh Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Irwan menekankan, Kemenhub agar kedepannya membuka kesempatan yang sama antara Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dengan pihak swasta dalam sektor pengelolaan pelabuhan.
 
Tujuannya, di samping agar tercipta kondusifitas dalam aktivitas pelabuhan juga agar ada pemerataan dalam percepatan ekonomi. Pemaparan tersebut disampaikan Irwan saat mengikuti Rapat Dengar Pendapat (RDP) Komisi V DPR RI dengan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut (Hubla) Kemenhub, di Ruang Rapat Komisi V DPR RI, Gedung Nusantara, Senayan, Jakarta, Selasa (25/8/2020).
 
“Penekanan saya, bagaimana ke depan yang juga sesuai dengan saran dari Presiden bahwa Kemenhub membuka kesempatan yang sama antara BUMN dan swasta dalam pengelolaan pelabuhan. Agar, di samping ada kondusifitas dalam aktivitas pelabuhan, juga agar ada pemerataan ekonomi. Apalagi dalam kondisi pandemi Covid-19 seperti ini, hal-hal yang sifatnya monopoli harus kita minimalisir,” ujar Irwan.
 
Tak hanya itu, politisi Fraksi Demokrat ini menyayangkan masih adanya permasalahan bongkar muat ilegal di beberapa Terminal Khusus (Tersus) maupun Terminal Untuk Kepentingan Sendiri (TUKS), terutama di wilayah Kalimantan Timur. Menurut Irwan, hal itulah yang sebenarnya kemudian membuka celah beberapa kerugian Pemerintah terkait fungsional beberapa pelabuhan baik Tersus maupun TUKS.
 
Mengingat, aktivitas di Kaltim cukup produktif. Dimana, pengawasan Kemenhub dari sisi regulator juga belum maksimal. Terbukti, ungkap legislator dapil Kaltim itu, beberapa kali diketahui terdapat supervisi dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) berkaitan dengan aktivitas bongkar muat Tersus maupun TUKS yang ada di Kaltim dan Indonesia pada umumnya.
 
"Saya minta, agar ada moratorium terkait Tersus maupun TUSK-nya di sungai dan DAS yang cukup besar terutama sungai Mahakam. Sebab, sudah berdampak pada lingkungan terutama juga mempengaruhi sosial, ekonomi dan budaya masyarakat,” tandas Irwan. #Komisi5

favorite 1 likes

question_answer 0 Updates

visibility 1064 Views

Update
No Update Available
Related News
Ekspo produk konsumen internasional Tiongkok kedua digelar
King Worm, serangga kering terbaik buatan anak bangsa
Permasalahan bongkar muat di Pelabuhan
×