Rabu, 23 September 2020 11:41

Cara jaga mata tetap sehat

Kesehatan

Mata sebagai organ penting yang memberikan penglihatan pada kita, wajib menjadi sebuah prioritas dalam menjaga kesehatan. Berikut tips-tips untuk menjaga dan merawat mata Anda agar tetap sehat:

Pilihlah makanan yang sehat Awali aktivitas Anda dengan mengkonsumsi makanan yang bernutrisi, selain dapat menjaga kesehatan tubuh makanan yang baik juga dapat melindungi mata Anda. Makanan yang baik untuk mata yaitu makanan yang mengandung Omega 3, Zinc, dan Vitamin C & E. Nutrisi tersebut dapat membantu menangkal masalah yang berkaitan dengan usia penglihatan seperti katarak. Contoh-contoh makanan yang mengandung nutrisi baik untuk mata:

- Sayur-sayuran hijau seperti bayam, kangkung dan sawi

- Ikan Salmon dan Tuna

- Telur, Kacang-kacangan

- Jeruk, Buh-buah Berries dan Tomat

Dengan mengkonsumsi makanan yang sehat dan seimbang, dapat membantu Anda juga untuk menjaga berat badan dan kadar gula tubuh agar tidak berlebihan. Sebab penyakit kelebihan gula atau diabetes merupakan penyebab utama yang menyebabkan kebutaan pada orang dewasa

Berhenti Merokok
Merokok memiliki banyak dampak buruk, selain tidak baik untuk kesehatan tubuh, ternyata aktifitas merokok juga dapat memberi dampak negative untuk mata seperti katarak dan kerusakan saraf.

Gunakan Kacamata Hitam
Jangan menyepelekan pancaran sinar matahari untuk aktifitas diluar, kita sudah menjaga kulit kita dengan begitu baik, mulailah berlakukan hal ini juga untuk mata Anda. Gunakan kacamata hitam dengan UV protection yang dapat melindungi mata dari bahaya pancaran sinar matahari. Apabila mata terlalu sering berpapasan langsung dengan pancaran sinar matahari, maka dapat meningkatkan kemungkinan mengidap penyakit katarak.

Hindari penggunaan computer yang lama
Hal ini patut diperhatikan bagi para pengguna computer, penggunaan yang terlalu lama dapat membuat mata menjadi lelah hingga pusing, penglihatan buram, sulit untuk melihat dengan secara focus pada jarak tertentu dan mata kering. Untuk menghindari penggunaan yang terlalu lama, berilah mata Anda waktu istirahat 5-10 menit tiap harinya dengan melakukan aktifitas lain, atau dapat juga menggunakan kacamata khusus untuk computer. Hal ini sangat membantu mata Anda untuk emnghindari dampak negative penggunaan computer.

Berikut tips-tips lainnya untuk menjaga kesehatan mata dalam kegiatan sehari-hari:

Cek mata Anda secara rutin tiap 6 bulan sekali. Kunjungilah Optik Seis terdekat untuk pengecekan mata, Refractions Optician kami siap membantu Anda tanpa pungutan biaya.
Pastikan ukuran lensa kacamata dan lensa kontak yang Anda gunakan merupakan ukuran terbaru yang sesuai dengan kondisi mata Anda.
Bagi yang selalu berada didepan computer, gunakan kacamata khusus computer.
Hindari membaca buku dan pandangan ke layar monitor yang terlalu dekat.
Bila mata terasa kering, seringlah mengedipkan mata agar dapat melembapkannya.
Setiap 30 menit istirahatkan mata Anda dengan melihat jarak jauh selama 20detik.
Ikuti langkah-langkah di atas untuk menjaga mata Anda tetap sehat ya!

Sumber :http://m.optikseis.com

favorite 1 likes

question_answer 0 Updates

visibility 77 Views

Update
No Update Available
Related News
Upayakan bebas kaki gajah, Puskesmas Guntur gelar BELKAGA, minum obat kaki gajah bersama
10 akseptor ikuti pelayanan KB MKJP TMKK Tahun 2020 Koramil 09/Wedung
Babinsa Kelurahan Pulasaren bantu pelaksanaan BIAS
×