Sabtu, 09 Januari 2021 13:06

Mike Pompeo kok tak malu sebut AS lebih aman daripada 4 tahun lalu

Luar Negeri

The New York Times hari Kamis lalu (7/1) mengumumkan desain halaman sampul edisi terbarunya, dengan gambar serangan ke Gedung Capitol AS sebagai latar belakangnya, dan langsung menunjukkan “Demokrasi ala AS mengalami serangan”.

Yang ironis adalah, Washington Post hari Rabu lalu (6/1) dalam sebuah artikel yang berjudul 'Pinokio' Pompeo Mencoba Menulis Kembali Sejarah Empat Tahun Terakhir (‘Pinocchio’ Pompeo is trying to rewrite the history of the past four years), menunjukkan Mike Pompeo membuka tahun baru dengan kebohongan baru, yang paling tipikal adalah ia berkali-kali menyebut AS sekarang lebih aman daripada 4 tahun yang lalu.

Jadi, dibandingkan dengan 4 tahun lalu, apakah AS sekarang benar-benar lebih aman?

Keselamatan jiwa adalah HAM paling dasar. Oleh karena politikus yang hanya sibuk mengupayakan kepentingan dirinya sendiri dan gagal menanggulangi wabah, sekarang Covid-19 telah menelan 350 ribu jiwa warga AS, sejumlah besar warga AS lainnya menderita karena kehilangan sanak keluarga dan menganggur.

Perusahaan AS juga sangat susah. Selama 4 tahun ini, pemerintah AS melakukan proteksionisme, dengan sembarangan ingin melepaskan kaitannya dengan negara lain dan mengenakan tarif yang tinggi, maka perusahaan dan pemilik perkebunan yang terus kehilangan pesanannya dan peluang kerja sama itu telah menjadi korban terbesar kebijakan perdagangan AS.

Yang lebih mengkhawatirkan adalah keretakan masyarakat AS yang belum pernah ada. Wabah Covid-19 mengungkapkan lebih lanjut dan memperburuk kesenjangan kaya dan miskin serta diskriminasi ras yang sudah berada dalam jangka panjang itu.

Yang lebih mengkhawatirkan ialah pertarungan politik parpol AS tak dapat ditoleransi umum.

Kepentingan publik sewajarnya dikesampingkan ketika kepentingan politik sendiri diutamakan dan modal dinomorsatukan di ajang politik AS. Itu kan telah mengungkapkan kekurangan sistem kapitalisme.

Menikmati perdamaian, kestabilan dan keamanan adalah hak rakyat seluruh dunia termasuk warga AS. Apa yang disebut sebagai demokrasi dan kebebasan oleh politikus AS itu belum benar-benar dibawa kepada rakyat AS. “AS lebih aman daripada 4 tahun lalu” yang disebut oleh Mike Pompeo itu ternyata adalah kebohongan seratus persen.

favorite 1 likes

question_answer 0 Updates

visibility 80 Views

Update
No Update Available
Related News
Pemimpin Tertinggi Tiongkok Xi Jinping memberi semangat kepada Olimpiade Musim Dingin
Jangan ketemu lagi! Menlu AS yang terburuk dalam sejarah
“Orang kaya makin kaya, orang miskin tetap miskin”, lingkaran setan yang tak kunjung habisnya di AS
×