Sabtu, 06 Maret 2021 03:06

Apakah media asing benci Tiongkok? Ini jawaban warga Inggris

Luar Negeri

4 Maret waktu setempat, koran Inggris, The Guardian bersilat lidah membela laporan palsu BBC, tapi malah dihujani kritik oleh warganet, mereka berkomentar: kalian sama jeleknya dengan BBC.

Apakah media asing membenci Tiongkok?

Inilah pertanyaan yang dikeluarkan Duta Besar Inggris untuk Tiongkok di sosmed Tiongkok pada 2 Maret yang lalu. Para warganet Tiongkok segera memberikan jawabannya, jawaban paling berwibawa di antaranya adalah kenyataan.

Sementara itu, BBC dan mitra media Inggris sekali lagi membikin berita palsu satu demi satu.

Wartawan BBC untuk Tiongkok John Sudworth sengaja mengubah isi video laporan wartawan CMG tentang pekerjaan pemuda wanita Xinjiang di daerah miskin, menjadi bukti pemerintah Tiongkok yang memaksa masyarakat Xinjiang melakukan pekerjaan dan relokasi. Wartawan CMG segera membantah laporannya. Namun harian The Guardian menulis artikel dan menyatakan “wadah pemikir menemukan, Partai Komunis Tiongkok sedang menyerang kredibilitas BBC”

Yang patut diperhatikan ialah, setelah The Guardian mengunggah laporan itu ke sosmed internasional, mendapat hampir 200 komentar, kebanyakan mendukung pendirian pemerintah Tiongkok. Para warganet Inggris menjawab pertanyaan Dubes Inggris dengan pengalaman dan perasaan dirinya.

Ada warganet mengatakan: “Menariknya, penodaan BBC terhadap partai berkuasa Tiongkok sudah berlangsung puluhan tahun. Waktu saya kecil, saya sering mendengar radio BBC, waktu itu saya mengira, orang Tiongkok selalu berutang, dan tidak bisa melunasinya seumur hidup, utang mereka akan diwarisi sampai generasi mendatang.”

Ada warganet mengatakan: “Sesal sekali, laporan BBC mengerikan, dan kemungkinan besar dibimbing oleh tokoh di Departemen Luar Negeri Inggris. Buktinya tidak cukup, selalu bersandar pada narasumber yang tidak dapat diandalkan. ”

Ada warganet mengatakan: ”Bagaimana BBC membayar wadah pemikir Australia untuk membuktikan kabar palsu itu? BBC tidak usah mengandalkan bantuan luar untuk membuktikan dirinya tidak tepercaya, apa yang dilakukannya telah membuktikan BBC tidak patut dipercaya. Saya mutlak tidak menonton BBC. ”

Nama BBC di Inggris sudah jelek, lebih-lebih di Tiongkok

BBC pernah berkali-kali membikin kebohongan, mungkin ini tradisi mereka.

favorite 1 likes

question_answer 0 Updates

visibility 302 Views

Update
No Update Available
Related News
Xi Jinping memimpin simposium mengenai pendorongan pembangunan Tiongkok barat di era baru
Tuntutlah ilmu walau sampai ke negeri Tiongkok
Xi Jinping inspeksi Taman Pusat Logistik Internasional Chongqing
×