Rabu, 22 Desember 2021 19:28

Lestarikan Budaya, Danrem 052/WKR hadiri Festival Tang Che

Peristiwa

Tangerang - Komandan Korem 052/Wijayakrama Brigjen TNI Rano Maxim Adolf Tilaar, S.E., bersama Wakil Walikota Tangerang Drs H. Syahrudin menghadiri Peringatan Festival Tang Che di Kampung Tehyan Mekarsari, Neglasari, Tangerang Banten, Rabu (22/12/2021).

Di wilayah Neglasari Tangerang, Etnis Tionghoa atau yang biasa disebut etnis China Benteng memiliki banyak adat dan tradisi yang cukup menarik, yang biasanya diperingati di penghujung tahun atau akhir tahun tepatnya pada tanggal 22 Desember Masehi atau menurut kalender penanggalan Imlek tanggal 28 Cap it Gwee, setiap keluarga memakan le yang dikenal dengan onde-onde dalam perayaan ini.

Thang Che adalah tradisi perayaan sebagai tanda terima kasih kepada Tuhan Yang Maha Esa atas lindungan dan berkah-Nya.

Bersama Wakil Walikota, Danrem 052/WKR ikut mengamankan dan memeriahkan jalannya acara tersebut. Dalam peringatan ini juga digelar penampilan kesenian Budaya Leluhur dari Tionghua berupa Tari Cokek, Orchestra Tehyan, Mpe Goyang, Lomba Membuat Onde serta Lomba Kebaya Encim.

Di tempat yang sama juga digelar Bazaar UMKM. Dalam kesempatan ini Brigjen TNI Rano Tilaar mendapat kehormatan untuk membuka acara sekaligus meninjau Bazaar UMKM Produk dari Tangerang.

Brigjen Rano juga Kagum karena masyarakat disini tidak melupakan sejarah, walaupun bukan warga Jakarta, masyarakat Tangerang Banten masih melestarikan budaya Betawi.

"Ini adalah wujud untuk melestarikan budaya”, tegasnya

Menurut Danrem 052/Wijayakrama, “Penyelenggaraan Festival Tang Che merupakan salah satu wujud nyata dari kepedulian masyarakat untuk melestarikan dan mengembangkan nilai-nilai budaya Tionghoa/China Benteng dalam rangka memperkuat budaya di wilayah ini,” ungkapnya.

“Negara Indonesia kaya akan budaya yang unik dan perlu kita lestarikan”, imbuhnya.

Danrem juga menyempatkan untuk melihat produk UMKM yang digelar di sepanjang jalan tempat itu, sekaligus mengingatkan untuk tetap menjaga protokol kesehatan dengan tetap memakai masker. (M.Solichin)

favorite 0 likes

question_answer 0 Updates

visibility 318 Views

Update
No Update Available
Related News
Koramil 03/GP gelar halal bihalal dan kejutan HUT Danramil 03/Grogol Petamburan Mayor Inf Manatap Rajagukguk
Pangdam Jaya pimpin Sertijab Danrem 052 Wijayakrama
Korem 052/Wijayakrama gelar tradisi Penyambutan Pejabat Danrem Baru
×