Sabtu, 22 Januari 2022 13:35

Tuduhan terhadap Chen Gang dicabut

Luar Negeri

Departemen Kehakiman AS belakangan ini secara resmi mencabut tuduhan terhadap warga AS keturunan Tionghoa Chen Gang, Profesor Massachusetts Institute of Technology (MIT). Reuters berkomentar bahwa ini adalah kegagalan terbaru apa yang disebut Program Aksi Tiongkok yang diambil AS.

Pada Januari tahun lalu, otoritas AS menuding Profesor Chen Gang belum mengungkapkan hubungan kerja sama dengan sebuah perguruan tinggi Tiongkok ketika memohon alokasi dana pemerintah, dan menangkapnya. Rektor MIT secara terbuka menjelaskan bahwa kerja sama dan hubungan dana MIT dan perguruan tinggi Tiongkok ini bukanlah perbuatan pribadi melainkan perbuatan pihak institutnya. Seratus lebih karyawan MIT pun menandatangani surat terbuka untuk menyampaikan dukungan kepada Chen Gang. Seiring dengan kian panasnya peristiwa ini, Program Aksi Tiongkok yang disebut AS mendapat semakin banyak kritik.

Bertolak dari percobaan untuk mencegat dan menindas Tiongkok secara menyeluruh, tahun-tahun terakhir ini AS terus membuat kerepotan kepada komunikasi sosial budaya dan iptek yang normal antara Tiongkok dan AS. Di latar belakang ini, pada 2018 AS memulai apa yang disebutnya Program Aksi Tiongkokt, dengan dalih mencegah pencurian hasil iptek dan spionase ekonomi, menuntut badan pengadilan 94 daerah AS sekurangnya mengajukan satu atau dua gugatan yang ditujukan pada Tiongkok setiap tahun.

Dari penetapan kejahatan yang sebenarnya tidak ada sampai pemberian indeks gugatan, hal absurd yang mengabaikan keadilan hukum terjadi di AS yang selalu melabelisasi demokrasi dan tata hukum pada dirinya, sungguh menakjubkan, justru seperti apa yang disebut kalau ingin memaksakan nama kejahatan tak perlu khawatir tiada dalihnya.

Manupulasi politik sulit menutupi fakta. Menurut laporan, termasuk kasus Chen Gang terdapat 8 kasus yang berkaitan dengan Program Aksi Tiongkok telah dicabut gugatan. Hal ini tgak pelak merupakan tamparan kepada AS yang menyalahgunakan prosedur hukum dan melakukan penindasan politik, dengan kuat membuktikan Program Aksi Tiongkok adalah alat keji kekuatan anti Tiongkok AS untuk mencegat dan menindas Tiongkok.

favorite 0 likes

question_answer 0 Updates

visibility 98 Views

Update
No Update Available
Related News
Kawasan Asia Pasifik hendaknya waspadai intrik baru AS
Enam kali gagal, para penggagas ‘dukung Taiwan untuk berpartisipasi dalam WHA’ harus tahu malu
Kiat sukses para peternak di Kuche, Xinjiang Tiongkok
×