Selasa, 10 Mei 2022 11:18

Koramil 03/GP galakkan Siskamling tanamkan Ideologi Pancasila melalui Babinsa

Peristiwa

Jakarta Barat - Dalam rangka membangun dan menanamkan Ideologi Pancasila sebagai falsafah hidup sehari-hari serta sekaligus mengantisipasi kerawanan di malam hari, Koramil 03/GP Kodim 0503/Jakarta Barat menggalakkan kegiatan Siskamling Tanamkan Ideologi Pancasila melalui personel Babinsanya. Lokasinya di wilayah Kampung Pancasila RW.05, Jl. Tanjung Duren Barat IV Kelurahan Tanjung Duren Utara, Kecamatan Grogol Petamburan, Jakarta Barat.

Komandan Koramil 03/GP Kapten Inf Sriyanto menjelaskan bahwa keberadaan Bintara Pembina Desa (Babinsa) TNI AD sangat dibutuhkan karena mereka langsung berhadapan dengan masyarakat. Seorang Babinsa punya wilayah operasi yang cukup luas, bisa di satu desa/kelurahan bahkan lintas atau antar desa/kelurahan.

“Dengan kata lain, Babinsa menjadi ujung tombak informasi awal terutama hal-hal yang menyangkut kegiatan sosial kemasyarakatan dan kemanusiaan,” ungkapnya.

Ia menambahkan, pesatnya perkembangan global dengan mudahnya akses informasi melalui jaringan internet dan teknologi media sosial jelas dapat memengaruhi pola pikir masyarakat. Sehingga dibutuhkan benteng ideologi Pancasila untuk menangkal segala pengaruh negatif dari luar tersebut.

“Terutama generasi muda yang harus ekstra kita waspadai. Dari situlah celah adanya pengaruh ideologi lain masuk yang mengancam ideologi Pancasila,” pungkas Danramil.

Sertu Yitno selaku Babinsa Koramil 03/GP Kodim 0503/JB melaksanakan kunjungan silaturahmi dan siskamling bersama Bapak Ajat dan Dudung Supri selaku Linmas di Pos Kampung Pancasila RW.05 Kelurahan Tanjung Duren Utara, Senin Malam (9/5/2022).

Dalam kesempatan Siskamling Pam Swakarsa tersebut, Sertu Yitno menyampaikan pentingnya menjaga Kamtibmas di wilayahnya agar tercipta rasa aman untuk warganya, serta menghimbau agar ikut menjaga wilayahnya dan mengantisipasi bila ada gangguan yang akhir-akhir ini banyak kerawanan terjadi di malamhari hingga menjelang pagi. Warga harus ikut menjaga ketertiban serta harus bersinergi dengan seluruh lapisan masyarakat.

Selain menjaga keamanan, selaku Babinsa, ia juga mengingatkan tentang pentingnya Ideologi Pancasila sebagai falsafah hidup seperti kekompakan dan gotong royong., karena dengan kekompakan dan gotong royong, warga di wilayah akan selalu kondusif serta dapat menyelesaikan segala persoalan.

Ajat dan Jaelani sebagai anggota Linmas mengucapkan terima kasih atas kunjungan Babinsa yang sudah peduli terhadap ketertiban dan keamanan lingkungan, khususnya di wilayah RW.05 Kelurahan Tanjung Duren Utara.

(M.Solichin)

favorite 0 likes

question_answer 0 Updates

visibility 77 Views

Update
No Update Available
Related News
Temu Kangen Alumni UIN 2003: berlangsung penuh kekeluargaan
Mantan Wakil Bupati Fauzi resmi nahkodai LPM Kabupaten Pringsewu periode 2022-2027
Hingga hari Ke-6, Koramil 03/GP telah distribusikan BTPKLW minyak goreng kepada 1039 orang
×