Rabu, 15 Juni 2022 10:48

Sepuluh tahun perkembangan Tiongkok: Sistem navigasi buatan Tiongkok ‘Beidou’

Luar Negeri

Para penggemar astronomi pasti tahu, di atas langit terdapat gugusan bintang berjumlah tujuh dengan bentuknya mirip sebuah sendok, gugusan bintang itu dinamakan orang kuno Tiongkok sebagai tujuh bintang ‘Beidou’. Pada zaman kuno, rakyat sering menggunakan gugusan bintang Beidou atau si ‘sendok’ untuk menetapkan arah.

Pada 31 Juli 2020, Tiongkok meresmikan sistem navigasi satelit global Beidou-3, sistem navigasi ini sudah digunakan di separo negara dan daerah di dunia. Skala industri di Tiongkok melampaui 400 miliar Yuan RMB.

Apa gunanya Navigasi Beidou?

Dewasa ini, total terdapat 45 satelit dari sistem navigasi Beidou yang sedang beroperasi di orbit angkasa untuk menyediakan 7 macam jasa kepada para pelanggan.

Untuk kawasan Asia-Pasifik, Beidou menyediakan 4 jenis jasa seperti sistem augementasi berbasis darat, pemosisian titik tunggal akurat dan komunikasi pesan singkat regional. Keakuratan pemosisian global di bawah 10 meter dan untuk kawasan Asia Pasifik tidak sampai 5 meter.

Jasa komunikasi pesan singkat regional adalah keunggulan aplikasi Beidou. Jasa ini terutama melayani kebutuhan pertolongan darurat dan peringatan bahaya, dengan mendirikan platform pelayanan darurat publik yang mencakupi seluruh dunia, menyediakan jasa unggul kepada pelanggan dalam dan luar negeri.
Rangkuman Ponsel Cerdas Yang Berakses ke Jasa Beidou

Berbagai ponsel cerdas terkenal seperti XIAOMI, HUAWEI, APPLE, SAMSUNG semuanya mendukung sistem BEIDOU, dan mewujudkan pemosisian kelas meteran. Tahun 2021, 94,5 persen ponsel cerdas untuk pengiriman dalam negeri Tiongkok bisa menduduki sistem BEIDOU, jumlah produksinya sebanyak 324 juta unit.

Bagaimana penerapan Beidou di Tiongkok?

Layanan sistem navigasi Beidou sudah meresap dalam kehidupan sehari-hari. Selain jasa pemosisian ponsel, banyak kota Tiongkok sudah membuka aplikasi uji coba navigasi untuk kendaraan dinamis.

Dari bidang sektor, sistem Beidou sudah melayani industri-industri lalu lintasi, keamanan publik, pertolongan bencana, pertanian, penghutanan, peternakan dan perikanan. Khususnya dalam kampanye perlawanan pandemi secara ilmiah, Beidou dapat menyediakan jasa pemosisian yang akurat untuk mendorong distribusi dana secara efektif.

Penggunaan BDS di ASEAN

Tiongkok selalu mempertahankan keterbukaan BDS kepada dunia, pemerintah Tiongkok berkomitmen akan memberikan layanan navigasi dasar yang gratis kepada para pengguna penerbangan di dunia.

Selain itu, berdasarkan rencana solusi termasuk pemastian hak milik tanah, pertanian presisi, pelabuhan kecerdasan telah melayani perkembangan sosial dan ekonomi di ASEAN, Asia Selatan, Eropa Timur, Asia Barat dan Afrika, layanan BDS telah digunakan di lebih separo negara dan daerah di dunia.

Pada tahun 2013, Myanmar menggunakan sebanyak 500 perangkat terminal presisi yang berakses ke layanan BDS, ini merupakan untuk pertama kalinya produk presisi tinggi BDS digunakan dengan skala besar di negara Asia Selatan di bidang pendataan pertanian dan pengelolaan intensif tanah.

Laos

BDS memasuki pasar Laos, menyediakan cara baru demi memastikan hak milik tanah dan mengukur tanah, berangsur-angsur menggantikan cara tradisional, memberikan statistik pertama dan dasar sains kepada Laos demi melakukan survei hak tanah, pengelolaan tanah dan penyusunan hukum dan ketentuan terkait.
Kamboja

BDS memasuk pasar Kamboja, memberikan bahan-bahan informasi dasar yang lebih sempurna kepada pemerintah Kamboja untuk merencanakan, mengelolakan dan mengawasi tanah negara, infrastruktur dan mengawasi ekosistem, layanan presisi tinggi telah menjadi salah satu teknologi penting dalam pembangunan infrasrtuktur pemerintah.

Layanan pemosisian akurat dari BDS menyediakan solusi pengelolaan logistik efektif dan keamanan logistik, melindungi perdagangan Tiongkok-Thailand.
Indonesia

Dengan mengandalkan jasa sistem Beidou, teknologi“Internet of Vehicles”(IOV)yang dikembangkan oleh China Aerospace Science and Industry Corporation Limited sudah dipasarkan di Indonesia. Teknologi IOV Beidou dapat mewujudkan pemantauan serentak serta penyimpanan data dan informasi status seputar pengoperasionalan kendaraan seperti jalur lintasan, kecepatan, waktu dan jarak kendaraan, dengan demikian melakukan pengelolaan platform terhadap berbagai data kendaraan.

Di taman industri Milenium Indonesia terdapat sebuah stasiun referensi pengoperasionalan konsisten akurat tinggi Beidou yang dibangun di bawah bantuan Tiongkok. Stasiun tersebut akan menggelarkan beberapa penggunaan uji coba di bidang penjelajahan geografis, pariwisata, transportasi dan logistik di dalam taman industri, agar mendorong pemasyarakatan dan penggunaan layanan lokasi presisi tinggi Beidou/GNSS di Indonesia

favorite 1 likes

question_answer 0 Updates

visibility 179 Views

Update
No Update Available
Related News
Politikus AS ingin mencari keuntungan kembali dengan melawan inisiatif sabuk dan jalan
UMKM Tiongkok bertumbuh pesat dan dinamis
Tiongkok dorong pelaksanaan inisiatif pembangunan global
×