Jumat, 01 Juli 2022 14:51

Simak informasi-informasi penting dari kunjungan Presiden Xi ke Hong Kong

Luar Negeri

Tanggal 1 Juli hari ini adalah peringatan 25 tahun kembalinya Hong Kong ke pangkuan RRT. Satu hari menjelang upacara perayaan tersebut yaitu tanggal 30 Juni kemarin, Presiden Tiongkok Xi Jinping tiba di Hong Kong dan menghadiri sejumlah kegiatan. Mari kita simak bersama agenda Presiden Xi di Hong Kong dan informasi-informasi yang disampaikan dalam kegiatan tersebut.

Sejak Hong Kong kembali ke pangkuan RRT pada tahun 1997, setiap lima dan sepuluh tahun sekali akan diadakan upacara perayaan sekaligus upacara pelantikan pemerintah daerah administrasi khusus periode yang baru. Berbeda dengan lima tahun yang lalu, jika sebelumya Presiden Xi mengunjungi Hong Kong dengan naik pesawat carter, kali ini Presiden Xi ke Hong Kong dengan naik kereta cepat.

Stasiun Kowloon Barat Hong Kong merupakan stasiun keberangkatan kereta cepat yang menyambungkan kota Guangzhou, kota Dongguan, kota Shenzhen dan Daerah Administrasi Khusus Hong Kong, adalah sebuah simbol dari pembangunan kawasan Teluk Besar Guandong, Hong Kong dan Makau Tiongkok.

Di depan upacara sambutan yang digelar di stasiun Kowloon Barat, Xi Jinping menyampaikan pidato pertamanya selama kunjungannya kali ini. Xi secara terbuka menyampaikan suara hatinya dalam tiga aspek:

Yang pertama adalah ucapan selamat. Ia menyampaikan ucapan selamat dan doa yang tulus untuk masyarakat Hong Kong.

Kedua adalah kepedulian. Xi Jinping mengatakan, “hati saya dan hati pemerintah pusat selalu bersama dengan masyarakat Hong Kong”.
Ketiga adalah keyakinan. Dia menekankan, “asal teguh mempertahankan ‘satu negara dua sistem’, maka masa depan Hong Kong pasti akan semakin indah dan cemerlang”.

Pada hari Kamis sore kemarin (30/6), Xi Jinping yang baru tiba di Hong Kong langsung mengadakan inspeksi ke Taman Sains Hong Kong, yang merupakan sebuah pangkalan litbang Iptek dan inkubasi bisnis terbesar di Hong Kong.

Selama kunjungannya di Taman Sains Hong Kong, Xi Jinping berharap Hong Kong dapat mengembangkan keunggulannya sendiri, mengumpulkan sumber daya inovasi global, bekerja sama dengan kota-kota yang berada di kawasan Teluk Besar Guangdong-Hong Kong-Makau, meningkatkan kolaborasi inovasi penelitian industri dan akademi, serta berfokus pada pembangunan dataran tinggi inovasi teknologi global.

favorite 0 likes

question_answer 0 Updates

visibility 108 Views

Update
No Update Available
Related News
Presiden Xi Jinping lakukan Kunker ke Liaoning
Xi Jinping datang di Taman Hutan Danau Timur Jinzhou
Xi Jinping memperhatikan bencana banjir di Provinsi Liaoning
×