Kamis, 01 Desember 2022 11:30

Xi Jinping adakan pembicaraan dengan Presiden Laos Thongloun Sisoulith

Luar Negeri

Sekjen Komite Sentral Partai Komunis Tiongkok (PKT) selaku Presiden RRT Xi Jinping mengadakan pembicaraan dengan Sekjen Komite Sentral Partai Revolusi Rakyat Laos selaku Presiden Laos Thongloun Sisoulith di Balai Agung Rakyat Bejing pada hari Rabu kemarin (30/11). Kedua belah pihak menekankan perlunya terus mempertahankan pedoman ‘kestabilan berjangka panjang, bertetangga rukun dan bersahabat, saling percaya dan bekerja sama secara menyuluruh’, serta semangat ‘tetangga yang baik, sahabat yang baik, rekan yang baik dan mitra yang baik’, saling percaya di bidang politik, saling menguntungkan di bidang ekonomi dan saling mengenal antar masyarakat, terus memperdalam pembentukan komunitas senasib sepenanggungan Tiongkok-Laos, serta melakukan upaya yang positif dan berkontribusi demi pembentukan komunitas senasib sepenanggungan Tiongkok-Laos.

Dalam pembicaraan itu, Presiden Xi menyatakan bahwa Tiongkok sedang berduka cita atas wafatnya Kawan Jiang Zemin, Tiongkok akan menjadikan rasa duka itu sebagai kekuatan, terus berjuang dan bersolidaritas untuk mendorong pembangunan negara sosialis modern secara menyeluruh dan mendorong kebangkitan jaya Bangsa Tionghoa di atas dasar pengaturan Kongres Nasional ke-20 Partai Komunis Tiongkok.

Preisden Laos Thongloun menyatakan duka cita yang mendalam atas wafatnya Jiang Zemin. Dia menyatakan, wafatnya Jiang Zemin adalah kerugian besar bagi PKT maupun rakyat Tiongkok.

Presiden Xi menyatakan, sejak tahun lalu dirinya dan Sekjen Thongloun selalu memelihara komunikasi dan pertukaran dalam berbagai bentuk, kedua pihak telah mencapai sejumlah kesepahaman terkait pengembangan hubungan Tiongkok-Laos, serta pembentukan komunitas senasib sepenanggungan. Presiden Xi menyatakan kesediaannya untuk bersama dengan Thongloun memimpin pembentukan komunitas senasib sepenanggungan Tiongkok-Laos agar berkembang lebih stabil, demi menyejahterakan rakyat kedua negara dengan lebih baik, mendorong perdamaian dan kestabilan regional serta kemakmuran dan pembangunan.

favorite 0 likes

question_answer 0 Updates

visibility 168 Views

Update
No Update Available
Related News
Tiongkok kukuhkan fondasi ketahanan pangan secara menyeluruh
Tahun Baru Imlek Tiongkok hangatkan ekonomi dunia
Pidato Presiden Xi berikan pedoman bagi peningkatan kerja sama Tiongkok-Amerika Latin
×