Rabu, 15 Pebruari 2023 07:58

Hari Pers Nasional 2023, PWI Kota Banjar gelar lomba mewarnai dan menulis artikel

Event

Masih dalam rangkaian Hari Pers Nasional (HPN) 2023, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Banjar, Jawa Barat menggelar kegiatan orang lomba mewarnai dan menulis artikel, Selasa (14/2/2023).

Kegiatan yang digelar di tempat wisata Lembah Pajamben, Desa Binangun, Kecamatan Pataruman, Kota Banjar ini, diikuti lebih dari seribu peserta dari Taman Kanak-kanak, PAUD, hingga Sekolah Menengah Pertama (SMP) se-Kota Banjar.

Ketua panitia acara, Anto mengatakan, kegiatan ini juga sekaligus dalam rangka menyambut Hari Jadi ke 20 Kota Banjar. Ia mengaku kaget lantaran peserta yang ikut dalam kegiatan ini membludak dan di luar dugaan.

"Selain rangkaian kegiatan Hari Pers Nasional, kegiatan ini juga sekaligus untuk memeriahkan Hari Jadi ke 20 Kota Banjar. Kami juga kaget peserta sangat membludak dari target yang ditentukan yakni 600 peserta," ujarnya.

Anto menambahkan, dalam lomba tersebut panitia membagi dua kategori yakni tingkat PAUD, TK, dan RA untuk lomba mewarnai dan tingkat SMP sederajat untuk lomba menulis artikel.

Dalam lomba menulis, para peserta wajib membawakan salah satu tema dari tiga kesenian khas Kota Banjar. Tiga kesenian tersebut di antaranya adalah Reog Dongkol, Jurig Sarengseng, dan Manuk Janur.

"Dari dua kategori lomba tersebut bertujuan yang pertama agar anak usia dini bisa mengembangkan imajinasi dan membentuk karakter si anak tersebut, sedangkan untuk lomba menulis artikel yakni agar peserta yang didominasi para remaja ini mampu menulis sesuai 5W1H sesuai kaidah jurnalistik," jelas Anto.

Selain menggelar lomba, dalam kegiatan ini panitia juga menggelar aneka seni tari dan budaya serta tiga kesenian khas yang menjadi ikon Kota Banjar yakni kesenian Manuk Janur (Desa Cibeureum), Jurig Sarengseng (Desa Binangun), dan Reog Dongkol (Desa Karyamukti).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut yakni Walikota Banjar, Ade Uu Sukaesih, Ketua DPRD Kota Banjar, Dadang Kalyubi, Kapolres Banjar, AKBP Bayu Catur Prabowo, Dandim 0613/Ciamis, Wahyu Alfiyan Arisandi, Komandan Batalyon D Pelopor, Mayor Iyus, Ketua PWI Ciamis, Banjar Pangandaran, Subagja Hamara, Ketua KPU Kota Banjar, Dani Danial Mukhlis, Kepala Desa Binangun, Bubud Sahban, Kepala Desa Cibeureum, Yayan Sukirlan, Kepala Desa Karyamukti, Fikri, kepala OPD lingkup Pemkot Banjar, serta tamu undangan lainnya.

(Hermanto)

favorite 1 likes

question_answer 0 Updates

visibility 365 Views

Update
No Update Available
Related News
Hari Pers Nasional 2023, PWI Kota Banjar gelar lomba mewarnai dan menulis artikel
Jejak Joko Widodo di Tiongkok
KBRI di Beijing adakan perayaan Hari Raya Iduladha di Wisma Kedubes
×