Kamis, 16 Maret 2023 11:52

Xi Jinping hadiri dialog tingkat tinggi PKT dan parpol dunia

Luar Negeri

Sekjen Komite Sentral PKT, Presiden Tiongkok Xi Jinping menghadiri dialog tingkat tinggi Partai Komunis Tiongkok (PKT) dan partai politik dunia, dan menyampaikan pidato bertajuk ‘Bergandengan Tangan, Bersama Menempuh Jalan Moderinisasi’ di Beijing pada hari Rabu kemarin (15/03).

Ia menekankan, sebagai kekuatan penting dalam memimpin dan mendorong proses modernisasi, menghadapi serangkaian pertanyaan mengenai modernisasi, partai politik bertanggung jawab untuk memberikan jawabannya.

PKT selalu menghubungkan erat nasibnya dengan nasib rakyat berbagai negara, berupaya memberikan peluang baru bagi pembangunan dunia dengan prestasi baru modernisasi ala Tiongkok, menyediakan bantuan baru bagi penjajakan manusia terhadap jalan modernisasi, serta memberikan kontribusi baru bagi inovasi teori dan praktik modernisasi sosial manusia.

Xi Jinping menekankan, proses perkembangan masyarakat manusia berliku-liku, perjalanan berbagai negara untuk merintis jalan modernisasi penuh dengan kesulitan.

Kini, di dunia masih terdapat banyak tantangan dan krisis, pemulihan ekonomi dunia mengalami kesulitan, kesenjangan pembangunan terus membesar, lingkungan ekologis terus memburuk, pikiran Perang Dingin terus menghantui, dan proses modernisasi masyarakat manusia kembali berada di persimpangan sejarah.

Oleh karena itu, Xi Jinping mengajukan lima usulan:
Pertama, hendaknya tetap berpegang pada konsep memprioritaskan rakyat dan menonjolkan sifat rakyat dalam arah modernisasi.
Kedua, hendaknya berpegang pada prinsip yang independen dan mandiri, serta menjajaki keanekaragaman jalan modernisasi.
Ketiga, hendaknya membina kesadaran yang inovatif, dan menjaga keberlanjutan proses modernisasi.
Keempat, hendaknya mengembangkan semangat untuk membantu orang lain setelah dirinya sudah maju, serta meningkatkan inklusivitas prestasi modernisasi.
Kelima, hendaknya mempertahankan sikap berjuang terus, menjamin ketegasan kepemimpinan modernisasi.

Xi Jinping menunjukkan, mewujudkan modernisasi adalah impian yang selalu diperjuangkan oleh rakyat Tiongkok.

Sejarah PKT dalam memimpin rakyat Tiongkok mengejar kebangkitan bangsa selama 100 lebih tahun ini, juga merupakan sejarah untuk terus menjajaki jalan modernisasi.

Dengan upaya keras beberapa generasi, Tiongkok telah menemukanjalan modernisasi ala Tiongkok.

Xi Jinping menekankan, PKT akan berupaya mendorong pembangunan berkualitas tinggi, serta mendorong pembangunan dan kemakmuran dunia.

Xi Jinping menunjukkan, PKT akan berupaya menjaga keadilan internasional, serta mendorong perdamaian dan kestabilan dunia.

Modernisasi ala Tiongkok tidak menempuh jalan lama penjarahan kolonial, tidak menempuh jalan keliru negara kuat harus bersimaharajalela, dan yang ditempuh Tiongkok adalah jalan tepat pembangunan damai.

Xi Jinping menekankan, PKT akan berupaya mendorong pertukaran dan saling belajar antar peradaban, mendorong kemajuan peradaban manusia.

Xi Jinping menunjukkan, pada masa kini di mana nasib masa depan berbagai negara saling berkaitan dengan erat, hidup berdampingan secara inklusif serta pertukaran dan saling belajar antar peradaban yang berbeda mempunyai peran yang tak tergantikan untuk mendorong proses modernisasi masyarakat manusia dan peradaban dunia yang makmur.

Oleh karena itu, Xi Jinping mengajukan inisiatif peradaban global.
Xi Jinping menekankan, PKT akan berupaya meningkatkan pertukaran dan kerja sama antar partai politik, dan bergandengan tangan menempuh jalan yang tepat.

PKT bersedia memperdalam hubungan dengan partai politik dan organisasi politik berbagai negara untuk terus memperluas titik persamaan konsep, titik temu kepentingan, dengan membangun hubungan partai politik tipe baru, mendorong pembentukan hubungan internasional tipe baru, serta dengan memperkokoh dan memperbaiki hubungan kemitraan partai politik global, membantu diperdalam dan diperluasnya hubungan kemitraan global. PKT bersedia terus bersama partai politik dan organisasi politik berbagai negara mengadakan pertukaran pengalaman di bidang pengelolaan negara, bersama menempuh jalan modernisasi, terus maju di jalan mendorong pembentukan komunitas senasib sepenanggungan manusia.

favorite 0 likes

question_answer 0 Updates

visibility 309 Views

Update
No Update Available
Related News
Revitalisasi desa melalui budidaya lobster air tawar di Xuyi Tiongkok
Xi Jinping sampaikan pidato virtual atas perayaan HUT Ke-60 UNCTAD
Xi Jinping pimpin rapat ke-5 Komite Sentral untuk memperdalam reformasi secara komprehensif
×