Rabu, 29 Maret 2023 13:56

Lima pidato Xi Jinping dalam Forum Asia Bo’ao perhatikan masa depan Asia dan dunia

Luar Negeri

Waktu Bo’ao akan dimulai lagi di pesisir Laut Tiongkok Selatan.

Sejak tahun 2013, Presiden Xi Jinping total telah lima kali menghadiri konferensi tahunan Forum Asia Bo’ao dan menyampaikan pidato pentingnya. Baik secara langsung hadir di konferensi maupun hadir secara virtual, pidato-pidatonya semua berfokus pada ‘masa depan’. Kelima pidatonya memaparkan jalan pembangunan Tiongkok, menyumbangkan kecerdasan Tiongkok dan memberikan solusi Tiongkok untuk mendorong pembangunan komunitas senasib sepenanggungan manusia, serta merintis masa depan Asia bahkan seluruh dunia yang indah.

“Menerobos kabut dan berjalan menuju cahaya, kekuatan yang terbesar adalah kerja sama dan bersolidaritas, cara yang paling efektif adalah bergotong-royong. Keamanan adalah prasyarat dari pembangunan, dan manusia adalah komunitas keamanan yang tak terpisahkan. Negara-negara di dunia seperti duduk bersama di sebuah kapal yang akan melewati ombak besar dan berlayar menuju masa depan yang cerah, harus bergotong-royong, siapa pun tak boleh dibuang ke laut.” Demikian pidato Presiden Xi dalam upacara pembukaan konferensi tahunan Forum Asia Bo’ao 2022.

Dalam upacara pembukaan konferensi tahunan Forum Asia Bo’ao 2021, Presiden Xi kembali berpidato. “Dunia memerlukan keadilan, bukan hegemoni. Negara besar hendaknya menunjukkan citra sebagai negara besar yang seharusnya menunjukkan lebih banyak tanggung jawab. Hendaknya menjunjung nilai bersama umat manusia yang damai, berkembang, setara, adil, demokratis dan bebas, memprakarsai pertukaran dan pembelajaran antar berbagai peradaban yang berbeda satu sama lain, serta mendorong perkembangan peradaban manusia.”

“Perdamaian dan pembangunan adalah suara bersama rakyat seluruh dunia, mentalitas perang dingin dan zero sum game telah usang dan terbelakang, orang yang hanya memperhatikan kepentingannya sendiri dan hidup sendiri akan mengalami kegagalan di manapun. Gerbang keterbukaan Tiongkok tidak akan tertutup, hanya akan dibuka semakin lebar”, demikian bunyi pidato Presiden Xi Jinping dalam upacara pembukaan konferensi tahunan Forum Asia Bo’ao 2018.

“Di dunia masa kini, tidak ada negara mana pun yang dapat mewujudkan keamanannya sendiri tanpa keamanan dunia, juga tidak ada keamanan yang dibangun di atas dasar ketidakamanan negara-negara lainnya. Kita hendaknya mengesampingkan mentalitas perang dingin, menginovasikan konsep keamanan, serta berupaya menempuh jalan keamanan yang dibangun bersama, dinikmati bersama dan menang bersama,” demikian pula pidato Presiden Xi Jinping dalam upacara pembukaan konferensi tahunan Forum Asia Bo’ao 2015.

“Usaha pembangunan secara damai, bekerja sama dan menang bersama Asia dan Dunia tidak mempunyai titik akhir, hanyalah ada titik tolak satu demi satu.” Demikian dikatakan Presiden Xi Jinping dalam upacara pembukaan konferensi tahunan Forum Asia Bo’ao tahun 2013.

favorite 0 likes

question_answer 0 Updates

visibility 418 Views

Update
No Update Available
Related News
Buka situasi baru kerja sama dan menang bersama
Majalah Qiushi rilis artikel Xi Jinping
Leaders Talk: Wawancara khusus dengan Presiden Kongo (Brazzaville)
×