Minggu, 21 Mei 2023 13:00

Pidato Presiden Xi Jinping di KTT Tiongkok - Asia Tengah bermakna mendalam

Luar Negeri

Presiden Tiongkok Xi Jinping pada hari Jumat kemarin (19/5) menyampaikan pidato bertemakan “Bergandengan tangan untuk membangun Komunitas Senasib Tiongkok-Asia Tengah yang saling membantgu, mengupayakan pembangunan bersama, keamanan umum dan persahabatan turun temurun.

Pidao Presiden Xi itu memiliki makna yang mendalam.

Pertama, Asia Tengah merupakan jalan persimpangan di pusat benua Asia-Eropa. Posisi geografi yang spesial itu memiliki makna penting di kawasan tersebut.

Kedua, di depan KTT virtual 30 tahun pembukaan hubungan diplomatik antara Tiongkok dengan 5 negara Asia Tengah Pada Januari 2022, Presiden Xi mengajukan pembentukan komunitas senasib Tiongkok-Asia Tengah yang lebih erat.

Ketiga, Asia Tengah adalah tempat di mana Presiden Xi untuk pertama kali meluncurkan inisiatif “belt and Road”.

Dalam pidatonya Presiden Xi mengatakan, KTT kali ini menyediakan suatu platform baru dan juga merintis masa depan kerja sama Tiongkok dengan Asia Tengah.

Presiden Xi menyatakan kesediaan Tiongkok dengan KTT kali ini sebagai kesempatan untuk mempererat kerja sama dengan berbagai pihak, merancang baik, membangun baik dan mengembangkan baik kerja sama Tiongkok-Asia Tengah.

favorite 0 likes

question_answer 0 Updates

visibility 239 Views

Update
No Update Available
Related News
Xi Jinping dorong bab baru Mongolia Dalam dari modernisasi ala Tiongkok
Inspeksi Xi Jinping ke Mongolia Dalam: Taman industri Zhonghuan
Aksi-aksi AS sulit cegah rekonsiliasi Timur Tengah
×