Kamis, 25 Mei 2023 11:32

Di hadapan fakta, berbagai gosip yang mencoreng Xizang (Tibet) pada akhirnya akan hilang

Luar Negeri

Xizang (Tibet) terletak di Dataran Tinggi Qinghai- Xizang (Tibet) yang disebut sebagai ‘Atap Dunia’, dan transportasi merupakan sebuah titik masuk bagi dunia luar untuk melihat perkembangan Xizang.

Dari yang sebelumnya merupakan jalan sempit yang berliku-liku sampai sistem lalu lintas tiga dimensi yang komprehensif termasuk jalan raya, jalan kereta api dan jalur penerbangan, setiap ‘jalan langit’ menyaksikan perkembangan lompatan di Tibet.

“Kebahagiaan rakyat adalah HAM yang terbesar, pembangunan adalah kunci untuk mewujudkan kebahagiaan rakyat”, demikian kata Presiden Tiongkok Xi Jinping dalam surat ucapan selamatnya kepada ‘Forum Pembangunan Xizang Tiongkok 2023’ pada hari Selasa lalu (23/5).

Perlindungan HAM mendatangkan daya penggerak bagi pembangunan. Mari kita lihat data-data berikut: PDB Xizang pada tahun 2022 naik 346,8 kali lipat dibandingkan tahun 1951, usia harapan rata-rata warga Xizang yang pada awalnya 35,5 tahun setelah pembebasan secara damai kini meningkat hingga 72,19 tahun, tingkat buta huruf di Xizang setelah pembebasan secara damai melampaui 95%, dan kini pada dasarnya buta huruf sudah terberantas, dan sistem pendidikan wajib belajar 15 tahun sudah dibentuk secara menyeluruh.

Khususnya dalam 10 tahun belakangan ini, tiap tahun 80% ke atas pendapatan keuangan di Xizang digunakan untuk menyejahterakan rakyat, dan telah dibentuk sistem jaminan komprehensif yang meliputi bidang pendidikan, layanan medis dan tunjangan pensiun.

Warna hijau adalah warna dasar pembangunan Xizang. Sebagai kawasan sumber berbagai sungai besar di Asia, Dataran Qinghai-Xizang merupakan pelindung keamanan ekologis penting di Asia, dan memainkan pengaruh yang penting bagi perubahan iklim global.

Oleh karena itu, pemerintah Tiongkok menjadikan pelestarian lingkungan dataran tinggi sebagai garis merah pembangunan. Kini, area terlarang dan area pembatasan eksplorasi di Xizang menduduki 80% dari luas total daerah Xizang.

Xizang berkembang dengan semakin baik, namun sejumlah politikus Barat tak memedulikan upaya luar biasa pemerintah Tiongkok dalam memperbaiki kehidupan rakyat Xizang, dan terus menggembar-gemborkan masalah HAM. Niat mereka sangat jelas di mata masyarakat internasional.

Xizang makmur karena Tiongkok makmur. Kini, Tiongkok sedang mendorong pembangunan modernisasi ala Tiongkok, Xizang juga berdiri di titik tolak pembangunan yang baru. Di hadapan fakta, gosip-gosip yang mencoreng Xizang pada akhirnya akan hilang.

favorite 0 likes

question_answer 0 Updates

visibility 288 Views

Update
No Update Available
Related News
Buka situasi baru kerja sama dan menang bersama
Majalah Qiushi rilis artikel Xi Jinping
Leaders Talk: Wawancara khusus dengan Presiden Kongo (Brazzaville)
×