Kamis, 25 Mei 2023 11:33

Presiden Xi Jinping sampaikan pidato di depan Forum Ekonomi Eurasia ke-2

Luar Negeri

Presiden RRT Xi Jinping pada hari Rabu kemarin (24/5) secara virtual menyampaikan pidatonya di depan upacara pembukaan sidang paripurna Forum Ekonomi Eurasia ke-2 Uni Ekonomi Eurasia.

Dalam pidatonya, Presiden Xi menunjukkan, dunia sedang berada pada perubahaan besar yang belum pernah terjadi dalam sejarah selama 100 tahun ini, kecenderungan sejarah multipolarisasi dunia dan globalisasi ekonomi tak terbendung.

Mempertahankan multilateralisme sejati dan mendorong pembangunan koordinatif regional merupakan kesepahaman luas komunitas internasional.

Benua Eurasia memiliki populasi dan negara terbanyak di dunia, peradabannya pun beraneka-ragam. Menghadapi dunia yang sedang mengalami pergolakan dan perubahan, bagaimana caranya melakukan kerja sama antara Asia dan Eropa? Hal ini tidak hanya berkatian dengan kesejahteraan rakyat, tapi juga secara mendalam mempengaruhi pembangunan dunia.

Presiden Xi menekankan, jawaban Tiongkok pada pertanyaan-pertanyaan di atas sangat jelas.

Presiden Xi menyatakan bahwa dirinya berturut-turut mengajukan prakarsa Pembangunan Global, prakarsa Keamanan Global, dan prakarsa Peradaban Global, mengimbau berbagai negara untuk bersama-sama mencurahkan tenaga demi pembangunan dunia yang damai abadi, aman secara umum, makmur bersama, inklusif dan terbuka, serta indah bersih, dan mendorong pembangunan komunitas senasib sepenanggungan umat manusia.

Tahun 2023 merupakan peringatan satu dasawarsa peluncuran inisiatif ‘Sabuk dan Jalan’. Inisiatif tersebut bertolak dari penjajakan solusi baru pembangunan bersama seluruh dunia dalam rangka merintis jalan bahagia yang dapat menyejahterakan berbagai negara di seluruh dunia.

favorite 0 likes

question_answer 0 Updates

visibility 11401 Views

Update
No Update Available
Related News
Buka situasi baru kerja sama dan menang bersama
Majalah Qiushi rilis artikel Xi Jinping
Leaders Talk: Wawancara khusus dengan Presiden Kongo (Brazzaville)
×