Senin, 29 Mei 2023 09:59

Xi Jinping sebutkan “Sabuk dan Jalan” sebagai “Jalan Bahagia”

Luar Negeri

“Tahun ini adalah genap 10 tahun diajukannya pembangunan bersama Inisiatif ‘Sabuk dan Jalan’.

Titik tolak dari inisiatif ini adalah mencari cara baru pembangunan bersama untuk semua negara bersahabat, baik yang dekat maupun jauh, memperluas ‘jalan bahagia’ yang menyejahterakan berbagai negara dan seluruh dunia,” demikian ditunjukkan Presiden Tiongkok Xi Jinping dalam upacara pembukaan Kongres Forum Ekonomi Eropa dan Asia ke-2 Liga Ekonomi Eropa dan Asia.

Selama 10 tahun ini, dengan usaha bersama berbagai pihak, lingkaran sahabat “Sabuk dan Jalan” terus diperluas, mencapai hasil yang berlimpah.

Berikut adalah rangkaian kutipan dari pidato penting Presiden Xi Jinping mengenai “Jalan Bahagia”.

Pembangunan “Sabuk dan Jalan” menjunjung prinsip berkonsultasi bersama, membangun bersama dan berbagi bersama, tidaklah tertutup, tapi adalah terbuka dan inklusif, bukanlah suara solo melainkan paduan suara bersama oleh negara-negara sepanjang jalur.

Pembangunan “Sabuk dan Jalan” tidak dimaksud untuk mengganti mekanisme dan inisiatif kerja sama regional yang sudah ada, tapi adalah mendorong saling menghubung dan saling mengisi keunggulan strategi perkembangan negara-negara sepanjang jalur atas dasar masa kini.—Pidato Presiden Xi Jinping dalam Sidang Tahunan Forum Asia Bo’ao 2015 pada tanggal 28 Maret 2015.

Selama 10 tahun ini, pembangunan “Sabuk dan Jalan” sudah menjadi produk publik internasional dan platform kerja sama internasional yang disambut merata di dunia, tercatat lebih dari 150 negara dan 30 organisasi internasional yang menandatangani dokumen kerja sama terkait, mendorong pembentukan pola ekonomi internasional dan ketertiban perdagangan yang diversifikasi dan stabil secara kuat.

Kami harus membangun “Sabuk dan Jalan” menjadi jalan yang menuju kemakmuran. Pembangunan adalah kunci utama untuk menyelesaikan semua masalah.

Mendorong pembangunan “Sabuk dan Jalan” harus berfokus pada masalah mendasar, yaitu pembangunan, melepaskan potensi pembangunan semua negara, mewujudkan pengintegrasian ekonomi, komunikasi pembangunan dan pembagian bersama hasil.—Pidato Xi Jinping dalam upacara pembukaan Forum KTT Kerja Sama Internasional “Sabuk dan Jalan” pada tanggal 14 Mei 2017.

Selama 10 tahun ini, proporsi ekspor dan impor Tiongkok terhadap negara-negara sepanjang jalur “Sabuk dan Jalan” telah meningkat dari 25% pada tahun 2013 menjadi 32,9% pada tahun 2022.

Pada kuartal pertama tahun ini, jumlah ekspor dan impor Tiongkok terhadap negara-negara sepanjang jalur “Sabuk dan Jalan” mencapai 3,43 triliun yuan RMB, meningkat 16,8% dari masa sama tahun lalu, meningkat 12 poin persentase dari tingkat pertumbuhan keseluruhan perdagangan terhadap luar negeri.

Kami akan terus menjunjung multilateralisme dan prinsip berkonsultasi bersama, membangun bersama dan berbagi bersama, mendorong pembangunan bersama “Sabuk dan Jalan” yang berkualitas tinggi, meningkatkan kerja sama pembangunan rendah karbon.—Pidato Presiden Xi Jinping dalam Dialog Pemimpin Perdagangan APEC pada tanggal 19 November 2020.

Tiongkok melaksanakan Inisiatif Pembangunan Global, mendorong hubungan kemitraan kerja sama energi bersih global, serta menandatangani “MoU tentang Pembangunan ‘Sabuk dan Jalan’ yang Hijau” dengan UNEP, menandatangani lebih dari 50 dokumen kerja sama perlindungan lingkungan ekologi, serta mengajukan inisiatif hubungan kemitraan pembangunan hijau “Sabuk dan Jalan” dengan 28 negara di sepanjang jalur.

Pemerintah Tiongkok sudah membina 3000 tenaga ahli untuk 120 lebih negara pembangunan bersama “Sabuk dan Jalan” melalui pelaksanaan “Rencana Utusan Jalur Sutra Hijau”.

Tahun ini adalah genap 10 tahun diajukannya inisiatif pembangunan bersama “Sabuk dan Jalan”. Titik tolak dari inisiatif ini adalah mencari cara baru pembangunan bersama untuk semua negara bersahabat, memperluas ‘jalan bahagia’ yang menyejahterakan berbagai negara dan seluruh dunia.—Pidato Presiden Xi Jinping dalam upacara pembukaan Kongres Forum Ekonomi Eropa dan Asia ke-2 Liga Ekonomi Eropa dan Asia pada tanggal 24 Mei 2023.

Sampai saat ini, inisiatif “Sabuk dan Jalan” sudah membentuk lebih dari 3000 proyek kerja sama, menciptakan 420.000 lowongan kerja untuk negara-negara pembangunan bersama, membantu semakin banyak negara untuk mempercepat perkembangan ekonomi.

favorite 0 likes

question_answer 0 Updates

visibility 488 Views

Update
No Update Available
Related News
Revitalisasi desa melalui budidaya lobster air tawar di Xuyi Tiongkok
Xi Jinping sampaikan pidato virtual atas perayaan HUT Ke-60 UNCTAD
Xi Jinping pimpin rapat ke-5 Komite Sentral untuk memperdalam reformasi secara komprehensif
×