Jumat, 09 Juni 2023 14:49

Xi Jinping dorong bab baru Mongolia Dalam dari modernisasi ala Tiongkok

Luar Negeri

Dalam kunjungan inspeksinya ke Daerah Otonom Mongolia Dalam baru-baru ini Presiden Tiongkok Xi Jinping menekankan untuk memegang teguh posisi strategis Komite Sentral PKT terhadap Mongolia Dalam, secara komprehensif dan akurat melaksanakan konsep pembangunan baru, fokus pada misi utama mendorong pembangunan berkualitas tinggi, dengan berfokus menempa kesadaran komunitas bangsa Tionghoa sebagai garis utama, mempertahankan keseimbangan antara pembangunan dan keamanan, mempertahankan prioritas ekologi dan pembangunan hijau sebagai panduan, serta dengan aktif berintegrasi dan melayani pembentukan pola pembangunan baru, menulis bab baru Mongolia Dalam dari modernisasi ala Tiongkok.

Pada tanggal 7 dan 8 Juni lalu, Xi Jinping telah melakukan survei di kota Hohhot.

Tanggal 7 Juni sore lalu, Xi Jinping melakukan inspeksi ke taman industri Zhonghuan. Xi Jinping sempat mendengarkan laporan tentang keadaan perkembangan industri energi baru dan bahan baru, pendorongan optimalisasi dan penyesuaian struktur industri, serta pendorongan pembangunan hijau dan rendah karbon. Xi Jinping pun sempat datang untuk menginspeksi proses produksi di bengkel produksi, dalam rangka mengenal keadaan produksi dan litbang produk semikonduktor dan material fotovoltaik perusahaan yang ada di taman industri. Beliau menekankan bahwa mempertahankan pembangunan hijau adalah jalan yang wajib ditempuh. Mendorong transformasi dan eskalasi industri energi tradisional, sekuat tenaga mengembangkan energi hijau, serta memperbesar dan memperkuat pangkalan energi penting negara merupakan prioritas utama dalam pembangunan Mongolia Dalam.

Mongolia Dalam mempunyai potensi yang besar dan cemerlang serta arah yang tepat di bidang-bidang tersebut. Sebelum meninggalkan taman industri, Xi Jinping berpesan kepada para karyawan di taman industri bahwa dewasa ini kita harus menjadi mandiri dan memperkuat diri dengan mengandalkan iptek tingkat tinggi, membangun pola pembangunan baru untuk mengatasi kesulitan teknologi. Pembentukan sirkulasi besar domestik untuk menjamin ekonomi nasional mampu beroperasi normal dalam iklim terburuk, dan hal tersebut tidak bertentangan dengan partisipasi dalam sirkulasi ekonomi internasional. Kita harus dengan teguh mempertahankan keterbukaan bertaraf tinggi, membangun negara dengan pintu yang terbuka lebar, dan bekerja sama demi kemenangan bersama.

Tanggal 8 Juni pagi kemarin, Xi Jinping telah mendengarkan laporan kinerja pemerintah Daerah Otonom Mongolia Dalam dan sempat memuji berbagai prestasi yang dicapai Mongolia Dalam.

Xi Jinping menekankan untuk mempercepat perbaikan struktur industri, serta dengan aktif mengembangkan industri khas yang unggul. Mongolia Dalam merupakan pangkalan energi dan sumber daya strategis negara yang penting, pangkalan produksi produk pertanian dan peternakan, sekaligus jembatan penting bagi keterbukaan Tiongkok ke arah utara, perbaikan struktur industri seharusnya bertolak dari ciri khas dan posisi strategis tersebut, dengan sekuat tenaga mengembangkan industri khas yang unggul, dengan aktif merintis jalur baru pembangunan transformasi daerah tipe sumber daya, dan mempercepat pembentukan sistem industri modernisasi yang berciri khas Mongolia Dalam. Hendaknya dengan aktif berpartisipasi dalam pembangunan bersama ‘Sabuk dan Jalan’, serta pembangunan Koridor Ekonomi Tiongkok-Mongolia-Rusia, meningkatkan taraf keterbukaan, membangun pintu gerbang utama keterbukaan Tiongkok ke arah utara, dan mengembangkan peranan yang lebih besar dalam koneksi sirkulasi ganda dalam dan luar negeri.

Xi Jinping menunjukkan bahwa membangun pagar pelindung keamanan ekologi penting bagian utara Tiongkok, merupakan misi terpenting yang hendaknya diingat selalu oleh Mongolia Dalam. Hendaknya mengoordinasikan pengelolaan komprehensif gunung, air, hutan, ladang rumput dan gurun pasir, dengan teliti mengorganisir mega proyek seperti pengelolaan sumber badai debu pasir kota Beijing dan Tianjin serta pembangunan sistem hutan lindung ‘Sanbei’, meningkatkan pengelolaan garis merah di bidang perlindungan ekologi, melaksanakan berbagai tindakan pemulihan hutan dari ladang, pemulihan ladang rumput dari peternakan, keseimbangan luas ladang rumput dan peternakan, penghentian peternakan demi pemulihan ekologi, dan menguatkan pemeliharaan perlindungan hutan alam dan konservasi tanah dan air, mempercepat pengelolaan komprehensif ekologi air di danau Hulun, Wuliangsuhai dan Dainai, meningkatkan pengelolaan desertifikasi dan perlindungan tanah rawa, dalam rangka membangun ‘Tembok Besar Hijau’ di kawasan perbatasan bagian utara Tiongkok.

Xi Jinping menekankan, dilihat dari seluruh Tiongkok, kesulitan terbesar dalam mendorong kemakmuran bersama rakyat Tiongkok berada di sejumlah kawasan etnis minoritas yang terletak di kawasan perbatasan. Kawasan-kawasan tersebut seharusnya tidak ditinggalkan dalam jalan menuju kemakmuran bersama. Hendaknya mempertahankan orientasi pada rakyat, dan lebih memperhatikan penjaminan dan perbaikan kesejahteraan rakyat dalam pembangunan, memperbaiki kekurangan dalam kehidupan rakyat, dan meningkatkan kesejahteraan rakyat, agar rakyat berbagai etnis dapat benar-benar merasakan aksi pendorongan kesejahteraan bersama.

Xi Jinping menunjukkan, menjalin rasa kebersamaan bangsa Tionghoa merupakan garis utama pekerjaan etnis minoritas partai di era baru, juga merupakan garis utama berbagai pekerjaan di kawasan etnis minoritas. Tidak peduli yang dikeluarkan adalah hukum dan peraturan maupun langkah-langkah kebijakan, hendaknya bertolak dari memperkuat rasa kebersamaan bangsa Tionghoa dan peningkatan kesadaran komunitas bangsa Tionghoa, hendaknya dengan teguh mendorong penggunaan buku pelajaran nasional, untuk menjamin para kaum muda dari berbagai etnis dapat menguasai dan menggunakan bahasa Mandarin dalam bentuk lisan dan tulisan.

favorite 0 likes

question_answer 0 Updates

visibility 397 Views

Update
No Update Available
Related News
Buka situasi baru kerja sama dan menang bersama
Majalah Qiushi rilis artikel Xi Jinping
Leaders Talk: Wawancara khusus dengan Presiden Kongo (Brazzaville)
×