Kamis, 21 Maret 2024 13:31

Xi Jinping tegaskan untuk dorong pembangunan Tiongkok bagian tengah

Ekonomi

Presiden Tiongkok Xi Jinping, hari Rabu sore kemarin (20/3) di Changsha, Provinsi Hunan, Tiongkok Tengah, memimpin simposium tentang peningkatan pembangunan Tiongkok bagian tengah di era baru. Dalam pidatonya Xi menegaskan, daerah bagian tengah Tiongkok selalu berperan penting sebagai sentra penghasil pangan, pemasok utama bahan mentah energi, pangkalan manufaktur peralatan modern dan industri teknologi tinggi, serta hub perhubungan lalu lintas terpadu.

Ia berpesan agar menindaklanjuti serangkaian kebijakan dan langkah-langkah yang diambil pemerintah pusat untuk mendorong kebangkitan Tiongkok bagian tengah, dengan harapan dapat membentuk kekuatan solid yang dapat mendorong pembangunan berkualitas tinggi demi menciptakan situasi baru pembangunan bagian tengah.

Turut menghadiri simposium antara lain Perdana Menteri Li Qiang yang juga Anggota Tetap Politbiro Komite Sentral PKT, Kepala Staf Komite Sentral sekaligus Anggota Tetap Politbiro Komite Sentral PKT Cai Qi, dan Wakil Perdana Menteri Ding Xuexiang yang juga Anggota Tetap Politbiro Komite Sentral PKT.

Xi Jinping menunjukkan, dalam lima tahun terakhir sejak pembukaan simposium yang lalu, ekonomi daerah bagian tengah telah mengalami perkembangan stabil, terutama perkembangan inovatifnya yang terus meningkat, fondasi industrinya membaik secara nyata, keterbukaannya telah mengayunkan langkah yang baru, usaha sosialnya mengalami perkembangan menyeluruh, taraf hidup rakyat terus diperbaiki, dan transformasi hijau dan karbon rendah yang dipercepat, yang berarti pembangunan daerah bagian tengah telah mencapai ketinggian yang baru. Akan tetapi, yang patut diperhatikan ialah, kebangkitan daerah bagian tengah tetap menghadapi banyak kesulitan dan tantangan yang perlu diselesaikan secara sungguh-sungguh.

Xi Jinping menandaskan perlunya mendongkrak inovasi industri dengan berbasis inovasi teknologi, dengan aktif memupuk dan mengembangkan tenaga produktif kualitas baru. Harus bertolak dari ekonomi riil sebagai dasar, mengembangkan dan memperkuat industri manufaktur, aktif mendorong industrialisasi futuristik, memperbarui industri tradisional, mengembangkan industri baru yang sedang berkembang, menata dan merancang industri masa depan dengan konsep futuristik, dan mempercepat pembentukan sistem industri modern dengan industri manufaktur canggih sebagai dasarnya.

Xi Jinping berpesan agar semakin mengutamakan inovasi teknologi serta integrasinya dengan inovasi industri secara mendalam, melakukan perintisan teknologi utama dan krusial, serta memperkuat kemampuan teknologi dalam mendukung perkembangan industri inovatif. Selain itu, harus memperkokoh posisi perusahaan sebagai pemain utama inovasi, membentuk koalisi inovasi untuk mempererat kerja sama antar sektor hulu dan hilir, mendorong inovasi terintegrasi yang sekaligus melibatkan perusahaan, perguruan tinggi dan lembaga penelitian, serta mempercepat pengalihan dari hasil litbang menjadi tenaga produktif praktis.

Perlunya melaksanakan proyek-proyek revitalisasi industri manufaktur dan pembaruan perlengkapan secara masif, guna mendorong industri manufaktur berkembang ke arah yang canggih, pintar dan hijau, agar industri tradisional dapat membangkitkan vitalitasnya yang serba baru.

Xi Jinping menunjukkan perlunya meningkatkan sinergi antar strategi pembangunan besar-besaran, supaya dapat dengan lebih baik mendukung pola pembangunan yang baru. Perlunya meningkatkan sinergi mendalam antar Kawasan Beijing-Tianjin-Hebei, Kawasan Delta Sungai Yangtze dan Kawasan Teluk Besar Guangdong-Hong Kong-Makau, serta meningkatkan koordinasi antar perkembangan Sabuk Ekonomi Sungai Yangtze, konservasi ekologis daerah aliran Sungai Kuning dan pembangunan berkualitas tinggi.

Xi Jinping menekankan perlunya mendorong reformasi yang lebih mendalam dan keterbukaan di level yang lebih tinggi secara koordinatif, dan secara berkelanjutan membangun konfigurasi keterbukaan daerah pedalaman yang lebih kompetitif.

Xi Jinping mengimbau untuk secara koordinatif mendorong pelestarian ekosistem serta pembangunan hijau dan rendah karbon, mempercepat pembangunan daerah bagian tengah yang indah.

Xi Jinping menandaskan perlunya menindaklanjuti perkembangan terpadu antar perkotaan dan pedesaan, serta benar-benar mendorong revitalisasi menyeluruh pedesaan.
Xi Jinping menunjukkan perlunya mempertahankan pembangunan berkualitas baru, serta berupaya meningkatkan ketahanan pangan dan energi, agar semuanya dapat saling mendorong dan maju bersama.

favorite 0 likes

question_answer 0 Updates

visibility 311 Views

Update
No Update Available
Related News
Empat kesalahan dari gembar-gembor “Kelebihan Kapasitas Produksi”
Presiden Xi soroti keterbukaan dan pengembangan unsur penggerak baru di daerah bagian barat
Gembar-gembor tentang kelebihan kapasitas produksi Tiongkok tidak akan membuat AS lebih kuat
×