Selasa, 23 April 2024 10:55

Tiongkok minta Jepang introspeksi pada sejarah agresinya

Luar Negeri

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Tiongkok Wang Wenbin, dalam jumpa pers rutin hari Senin kemarin (22/4) menyatakan, pihak Tiongkok mendesak Jepang bersungguh-sungguh menaati sikap dan komitmenyang memandang tepat dan introspeksi pada sejarah agresinya, memutus hubungan dengan militerisme secara tuntas, serta dengan aksi nyata memperoleh kepercayaan dari negara-negara tetangga di Asia maupun masyarakat internasional.

Dilaporkan, Kuil Yasukuni mengadakan festival musim semi mulai tanggal 21 April yang lalu. PM Jepang Kishida Fumio, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat dan Ketua Senat Jepang memberikan persembahan ke Kuil Yasukuni pada hari tersebut, dan beberapa anggota kabinet pun berziarah ke sana.

Seputar hal itu, jubir Kemlu Tiongkok menunjukkan, “Kuil Yasukuni adalah alat dan tanda spiritual militerisme Jepang yang melancarkan perang agresinya di luar negeri, sebanyak 14 penjahat perang kelas A dalam Perang Dunia II disembahyangkan di dalamnya . Pihak Tiongkok dengan tegas menentang aksi negatif pihak Jepang terkait Kuil Yasukuni tersebut, sebagai tanggapannya Kementerian Luar Negeri Tiongkok dan Kedutaan Besar Tiongkok untuk Jepang telah melayangkan representasi serius kepada pihak Jepang.

favorite 0 likes

question_answer 0 Updates

visibility 164 Views

Update
No Update Available
Related News
Kebangkitan kembali industri pariwisata inbound Tiongkok
Menelaah narasi “ancaman kelebihan kapasitas” sektor EV China
Rangkaian lawatan resmi Presiden Xi ke Eropa mengundang perhatian sedunia
×