Sabtu, 15 Mei 2021 12:13

Gerak cepat Polda Lampung antisipasi arus balik dari Sumatera

Covid-19

Kapolda Lampung Irjen Pol Hendro Sugiatno didampingi Wakapolda Lampung Brigjen Pol Subiyanto dan Danrem 043 Gatam Brigjen TNI Drajad Bima Yoga membuka dan memimpin rapat koordinasi (Rakor) terbatas dengan instansi terkait dalam rangka kesiapan pencegahan penyebaran Covid-19 pada arus balik Idul Fitri 1442 H di wilayah Lampung. di ruang rapat utama (Rupatama) Polda Lampung, Jumat (14/05/2021).

Rakor terbatas pada pukul 13.30 WIB itu, dihadiri pula oleh Pejabat Utama (PJU) Polda Lampung, Juru bicara Satuan Tugas penanganan Covid-19 Provinsi Lampung dr. Reihana dan unsur tiga pilar Provinsi Lampung.

Dirakor, Kapolda Lampung menyampaikan, mendasari surat dari Satgas Penanganan Covid-19 dan Surat dari Kementerian Koordinator Bidang Ekonomi Republik Indonesia, kegiatan kesiapan pencegahan penyebaran Covid-19 dalam rangka arus balik Idul Fitri 1442 H akan dimulai, Sabtu (15/05/202).

Berdasarkan data yang terhimpun, pulau Sumatera mengalami kenaikan pandemi Covid-19. Untuk itu, Kapolda mengharapkan, semua instansi terkait bahu-membahu, mandatori test bukan random jadi semuanya wajib untuk mengecek semua dokumen PCR, Anti Gen ataupun Genose.

Semua arus balik dari Sumatera menuju pulau Jawa serta melewati Provinsi Lampung, akan diadakan pengetatan.

Pemeriksaan terjadi di tiga Pos. Yakni, di tol rest area KM 172 B, rest area KM 87 B dan rest area KM 20 B dan di jalan Arteri Soekarno-Hatta.

Masyarakat pun dihimbau, wajib melengkapi dokumen sebagai persyaratan penting yang sudah diumumkan, sebelum melakukan lintas perjalanan.

Sesuai Surat Edaran (SE) dari Satgas Covid-19 yaitu Surat Izin Keluar Masuk (SIKM), Surat tugas bagi ASN, TNI-Polri, karyawan Perusahaan/BUMN dan Surat Keterangan resmi hasil rapid test Covid-19 yang berlaku 1x24 jam.

Jika ternyata, tidak dilengkapi surat keterangan resmi hasil rapid test, maka akan dilaksanakan test rapid antigen di lokasi pos pemeriksaan.

Bila hasilnya positif, Maka Satgas penanganan Covid-19 segera membawa ke rumah sakit rujukan, kata Kapolda.

Masih kata Kapolda, untuk para Kapolres dan Dandim, "Saya mengingatkan, agar ditindaklanjuti dan dicek pos-pos di wilayahnya. Kapolda juga menyampaikan, bahwa kegiatan ini adalah kegiatan operasi Kemanusiaan.

Kapolda menekankan, jauhkan dari tindakan sewenang-wenang saat dilapangan yang dilakukan oleh personel yang terlibat. "Kalau kita berniat baik, Tuhan pasti menolong kita," nasihat Kapolda saat berikan arahan.

Dalam waktu yang bersamaan, Danrem 043 Garuda Hitam Lampung juga berikan apresiasinya. Dikatakannya, akan turut serta berikan dukungan dan siap turunkan jajaran dari Korem. Serta personil dari berbagai Kodim.

favorite 1 likes

question_answer 0 Updates

visibility 276 Views

Update
No Update Available
Related News
Kemanjuran dan keamanan vaksin buatan Tiongkok tak boleh dimungkiri
AS maling teriak maling?
Beberapa negara yang tuntut Tiongkok untuk ‘Terbuka’ malah batasi warga Tiongkok masuki wilayahnya
×