Jumat, 18 Juni 2021 11:12

Stasiun ruang angkasa Tiongkok bakal sejahterakan manusia

Luar Negeri

Pesawat antariksa berawak Shenzhou-12 Tiongkok yang mengangkut 3 astronot telah sukses diluncurkan ke stasiun ruang angkasa Tiongkok pada hari Kamis (17/6) pukul 9 kemarin. Media mancanegara beramai-ramai meliput misi historis kali ini dan berpendapat bahwa hal ini sekali lagi membuktikan keyakinan dan kemampuan Tiongkok di bidang antariksa semakin meningkat.

Misi utama penerbangan kali ini adalah komponen utama dari keseluruhan misi pembangunan stasiun luar angkasa Tiongkok, dan tujuan utamanya antara lain: memverifikasi keberadaan lama astronot di stasiun ruang angkasa, perlengkapan luar angkasa, dan aktivitas ekstravehicular, serta teknologi utama untuk pembangunan dan pengoperasian stasiun luar angkasa seperti operasi ekstravehicular. Target utama 3 astronot Tiongkok adalah “membangun rumah baru mereka di luar angkasa dengan baik”.

Penyelesaian tugas-tugas tersebut akan menjadi dasar dan pengalaman untuk perkembangan pembangunan dan penggunaan stasiun ruang angkasa selanjutnya. Menurut rencana perkembangan, stasiun ruang angkasa tersebut akan dibangun menjadi laboratorium luar angkasa nasional sebelum tahun 2022. Selanjutnya, stasiun luar angkasa akan memasuki tahap penggunaan dan perkembangan. Berdasarkan hal ini, penerbangan Shenzhou-12 kali ini layak dicantumkan dalam sejarah antariksa Tiongkok bahkan dunia.

Untuk mewujudkan target tersebut, Tiongkok telah melakukan sejumlah persiapan teknik yang relevan. Misalnya, pintu docking standar antara modul induk dan modul laboratorium stasiun ruang angkasa memiliki kemampuan dilancarkannya kerja sama internasional di bidang berbagai ujicoba ilmiah. Tiongkok telah melakukan kerja sama dengan badan antariksa PBB, dan sejauh ini telah dipilih 9 proyek kerja sama dengan 17 negara, selanjutnya, dan proyek kerja sama untuk tahap ke-2 juga akan diumumkan.

Langkah-langkah tersebut bertujuan untuk membangun stasiun ruang angkasa Tiongkok menjadi sebuah laboratorium luar angkasa yang menyejahterakan umat manusia, mendorong ilmu luar angkasa, ilmu kehidupan, dan mendorong inovasi teknologi di bidang-bidang terkait lainnya, serta memberikan kontribusi Tiongkok di bidang eksploitasi angkasa luar dan penggunaannya untuk tujuan damai.

favorite 1 likes

question_answer 0 Updates

visibility 73 Views

Update
No Update Available
Related News
Penelusuran virus gaya AS adalah sebuah permainan politik
Bunga Teratai Salju Mekar - Kisah Zeng Xiaoming
Bunga Teratai Salju Mekar - Kisah Wurzapar
×