Senin, 31 Januari 2022 23:50

Bagaimana asal usul Gala Tahun Baru Imlek selama 40 tahun?

Acara TV

Menempel Chunlian atau kuplet, memasak Jiaozi atau pangsit, dan menonton Chunwan alias pertunjukan kesenian Gala Tahun Baru Imlek...

Itulah tiga tradisi yang wajib dilakukan warga Tiongkok pada Chux alias malam pergantian tahun baru Imlek Tiongkok.

Chunwan pernah menyandang gelar sebagai “malam kesenian dengan jumlah pemirsa paling banyak secara global” versi Guinnes.

Dari iring-iringan lagu dan tarian yang menarik, pertunjukan sulap dan akrobatik yang seru, silat Kungfu Tiongkok yang hebat, lawakan dan pertunjukan jenaka yang lucu, hingga penampilan maskot Olimpiade Musim Dingin Beijing yaitu Bingdundun dan Xuerongrong, salam hangat dari tiga astronot Tiongkok yang sedang bertugas di Stasion luar angkasa, serta acara-acara kreatif yang sarat nuansa hi-tech dan futuristik...

Gala Tahun Baru Imlek 2022 yang dipentaskan China Media Group pada malam pergantian tahun baru Imlek telah menarik minat miliaran pemirsa di dunia untuk menikmati bersama pesta kesenian tahun baru Imlek 2022.

Sejak tahun 1983, Stasion Televisi Sentral Tiongkok yakni CCTV sebagai stasion televisi nasional Tiongkok secara rutin menggelar malam kesenian pada setiap Chuxi yakni malam menjelang tahun baru Imlek. Seisi keluarga berkumpul dan bersama menonton Gala Tahun Baru Imlek sudah menjadi kebiasaan masyarakat Tiongkok.

Masih segar dalam ingatan banyak orang lansia Tiongkok, 40 tahun yang lalu, Gala Tahun Baru Imlek alias malam kesenian Chunwan untuk pertama kali digelar di sebuah studio seluas 600 meter persegi, dengan penontonnya 200 orang dan pengisi acara hanya 60 orang. Selama berlangsungnya Chunwan, interaksi antara pembawa acara dan pemirsa dilakukan melalui 4 unit telepon.

Seiring dengan perkembangan zaman, para audiensi dapat menonton pertunjukan Chunwan dan mengikuti acara interaktif melalui media sosial seperti Weibo, Wechat, Facebook pada kapan saja. Pemberian komentar seputar acara Chunwan sudah menjadi tren baru di sosmed.

Mulai dari tahun 2003, Chunwan disiarkan langsung kepada seluruh dunia melalui internet. Tahun 2012, Chunwan menyandang gelar malam kesenian dengan jumlah pemirsa paling banyak di dunia versi Guinnes. Tahun 2015, Chunwan pertama kali disiarkan langsung di berbagai media sosial seperti YouTube dan Twitter. Pada tahun 2015 juga, Chunwan dimeriahkan dengan sesi pembagian angpao melalui fitur “shake” Wechat, yang menarik pesertaan ratusan juta warganet.

Tahun ini, Chunwan akan disiarkan langsung baik melalui chanel televisi CMG maupun CGTN bahasa Inggris, Spanyol, Prancis, Arab dan Rusia serta platform media 44 bahasa asing di bawah naungan CMG, total terdapat 600 media dari 170 negara dan daerah di dunia menyiarkan langsung dan melaporkan acara Chunwan tahun ini.

Tahun 2014, Chunwan mulai melakukan sayembara di luar wilayah Tiongkok, di mana para perantau Tionghoa dan warga negara asing yang tertarik pada kebudayaan Tiongkok yang menang dalam sayembara diberikan kesempatan untuk menampilkan ketrampilan dan bakatnya melalui panggung Chunwan. Seiring dengan semakin terbukanya pintu Tiongkok dan semakin mendalamnya pertukaran dengan dunia, banyak artis terkenal dari seluruh dunia tampil di panggung Chunwan Tiongkok.

Selama 40 tahun yang lalu, acara pertunjukan kesenian Chunwan, sebagai simbol budaya Tiongkok era baru, telah membagikan kegembiraan dan salam hangat rakyat Tiongkok kepada seluruh dunia.

favorite 0 likes

question_answer 0 Updates

visibility 456 Views

Update
No Update Available
Related News
Pelestarian hutan mangrove dalam Proyek sama Indonesia-China
Bahagia dan penuh keberuntungan! Gala Tahun Baru Imlek CMG semarakkan Perayaan Imlek di seluruh dunia
Juara keterampilan dunia yang berprofesi guru
×