Rabu, 14 September 2022 11:01

Xi Jinping terbitkan artikel di media Kazakhstan

Luar Negeri

Pada tanggal 13 September, menjelang kunjungan kenegaraannya ke Kazakhstan, Presiden Tiongkok Xi Jinping menerbitkan sebuah artikel di Koran Kazakhstanskaya Pravda dengan judul ‘Dorong Hubungan Tiongkok -Kazakhstan Wujudkan Perkembangan yang Lebih Besar di Masa Depan’.

Artikel mengatakan, di musim gugur yang indah permai ini, atas undangan Presiden Kassym-Jomart Tokayev, dirinya akan mengadakan kunjungan kenegaraan KE Kazakhstan. Ini merupakan kunjungannya kembali ke Kazakhstan setelah berselang lima tahun, juga merupakan keempat kalinya ia menginjakkan kaki di Khazakstan, tanah yang indah ini, dirinya sangat menantikan kunjungan kali ini.

Tahun ini genap 30 tahun terjalinnya hubungan diplomatik Tiongkok - Kazakhstan. Pertukaran kedua negara semakin erat, kerja sama terus berkelanjutan, dan kedua negara bersama menempuh jalan pembangunan yang luar biasa.

Selama 30 tahun ini, hubungan Tiongkok-Kazakhstan terus mengalami kemajuan.
Selama 30 tahun ini, kerja sama Tiongkok-Kazakhstan mencapai hasil yang luar biasa.
Selama 30 tahun ini, konektivitas antara Tiongkok dan Kazakhstan berjalan lancar dan menyebar ke berbagai penjuru.
Selama 30 tahun ini, persahabatan Tiongkok-Kazakhstan telah masuk ke lubuk hati rakyat kedua negara.

Hubungan Tiongkok-Kazakhstan semakin kokoh setelah mengalami ujian dan terus berkembang. Kedua pihak hendaknya menyayangi hasil yang tidak mudah dicapai ini, dan terus berjuang mewarisi dan mengembangkan usaha persahabatan kedua negara. Selama kunjungan kenegaraannya, Presiden Xi akan bertukar pendapat secara mendalam dengan Presiden Tokayev mengenai pengembangan hubungan kemitraan strategis komprehensif dan kekal antara Tiongkok dan Kazakhstan, serta pendorongan kerja sama menyeluruh Tiongkok dan Kazakhstan yang saling menguntungkan, dengan membentuk komunitas senasib sepenanggungan Tiongkok dan Kazakhstan sebagai tujuan dan visi, bergandengan tangan mendorong pengaturan dan perancangan hubungan Tiongkok dan Kazakhstan.

Pertama, kedua negara hendaknya terus mengembangkan hubungan tetangga rukun dan bersahabat.
Kedua, kedua negara hendaknya terus memperdalam kerja sama yang saling menguntungkan.
Ketiga, kedua negara hendaknya dengan tegas memelihara keamanan bersama.
Keempat, kedua negara hendaknya meningkatkan koordinasi internasional secara menyeluruh.

Kongres Nasional ke-20 PKT yang akan dibuka merupakan kongres yang sangat penting pada momen krusial PKT memasuki perjalanan baru menuju pembangunan negara sosisalis modern dan target perjuangan seratus tahun kedua. Tiongkok dengan gembira melihat pembangunan ‘Kazakhstan Baru’ yang telah dimulai secara menyeluruh, Kazakhstan sedang maju menuju ‘30 besar negara maju di dunia’. Tiongkok bersedia terus berbagi hasil pembangunan dengan Kazakhstan dan saling meminjam pengalaman pembangunan, pintu gerbang Tiongkok yang terbuka, bersahabat dan bekerja sama terhadap dunia luar akan selalu dibuka kepada Kazakhstan.

Presiden Xi menyatkan, Tiongkok yakin, asalkan kedua pihak terus berpegang pada prinsip tetangga harmonis dan bersahabat, serta mengembangkan kerja sama menyeluruh di berbagai bidang secara mendalam, Tiongkok dan Kazakhstan pasti akan dapat menyongsong 30 tahun hubungan dua negara yang lebih cemerlang.

favorite 0 likes

question_answer 0 Updates

visibility 70 Views

Update
No Update Available
Related News
Terulangnya tragedi George Flyod sangat memalukan bagi AS
Niat AS, Inggris dan Australia pada isu kerjasama kapal tenaga nuklir itu tak akan sukses
Hari Chongyang di Tiongkok
×