Kamis, 15 September 2022 14:13

Xi Jinping tiba di Samarkand dalam rangka kunjungan kenegaraan di Uzbekistan dan kehadirian dalam KTT ke-22 SCO

Luar Negeri

Presiden Tiongkok Xi Jinping hari Rabu kemarin malam (14/9) tiba di Samarkand dalam rangka melakukan kunjungan kenegaraan di Republik Uzbekistan dan menghadiri Pertemuan ke-22 Dewan Kepala Negara Organisasi Kerja Sama Shanghai (SCO).

Presiden Uzbekistan Shavkat Mirziyoyev, Perdana Menteri Uzbekistan Abdulla Aripov, Menteri Luar Negeri Uzbekistan Vladimir Imamovich Norov dan Gubernur Samarkand menyambut kedatangan delegasi di bandara.

Xi Jinping mengeluarkan pidato tertulisnya. Ia mewakili pemerintah dan rakyat Tiongkok menyampaikan salam dan ucapan selamat kepada pemerintah dan rakyat Uzbekistan. Ia menunjukkan, persahabatan kedua negara dan rakyat kedua negara sudah bersejarah ribuan tahun dan terus memperlihatkan dinamika yang baru. Kemitraan Strategis Komprehensif Tiongkok-Uzbekistan kini memasuki jalur cepat, tidak hanya menyejahterakan rakyat kedua negara, juga mendorong perdamaian, kestabilan, kemakmuran dan pembangunan regional.

Xi Jinping dan Mirziyoyev akan bertukar pendapat mengenai pendalaman kerja sama kedua negara serta isu-isu internasional dan regional yang menjadi perhatian bersama, bersama-sama melukis cetak biru hubungan Tiongkok-Uzbekistan. Xi Jinping menantikan KTT SCO Samarkand, bersedia bersama dengan berbagai pihak mengembangkan ‘Semangat Shanghai’, serta memperdalam kerja sama yang saling menguntungkan, demi mendorong SCO berkembang dengan sehat dan mantap.

favorite 0 likes

question_answer 0 Updates

visibility 63 Views

Update
No Update Available
Related News
Terulangnya tragedi George Flyod sangat memalukan bagi AS
Niat AS, Inggris dan Australia pada isu kerjasama kapal tenaga nuklir itu tak akan sukses
Hari Chongyang di Tiongkok
×