Selasa, 29 November 2022 11:17

Impian kru tertua pesawat antariksa Tiongkok

Luar Negeri

Alam semesta sangat luas, sehingga manusia harus berkali-kali mengeksplorasinya. Tiga astronot Tiongkok Fei Junlong, Deng Qingming dan Zhang Lu akan menjalankan misinya di ruang angkasa selama 6 bulan dengan pesawat antariksa Shenzhou-15 yang akan diluncurkan Selasa malam ini (29/11).

Mereka merupakan kru pesawat antariksa dengan usia rata-rata tertua di Tiongkok yaitu mencapai 53 tahun. Dalam jumpa pers hari Senin (28/11) kemarin, Fei Junlong selaku kepala kru mengatakan, “Meskipun kami adalah kru tertua, tetapi kemampuan penerbangan kami tetap dalam keadaan muda”.

Mereka mengatakan hal tersebut karena mereka telah melakukan pelatihan yang luar biasa. Contohnya, berat badan Fei Junlong tidak pernah berubah selama 17 tahun setelah menjalankan misi penerbangan Shenzhou-6 pada tahun 2005, kondisinya selalu siap siaga. Deng Qingming, adalah astronot gelombang pertama yang satu-satunya belum pernah menjalankan misi penerbangan ke angkasa luar, dia sudah berlatih selama 25 tahun untuk siap dipilih dan tidak pernah menyerah. Zhang Lu sudah dipilih menjadi astronot selama 12 tahun, dan masih berjuang untuk mengeksplorasi ruang angkasa.

Tanggal 5 Januari 1998, tim antariksa Tentara Pembebasan Rakyat Tiongkok resmi didirikan, Fei Junlong dan Deng Qingming yang berusia 33 tahun dan 32 tahun pada waktu itu terpilih menjadi salah satu dari 14 astronot Tiongkok gelombang pertama.

Tahun 2003, Fei Junlong berhasil lolos dalam seleksi tahap awal untuk misi Shenzhou-5, tetapi gagal pada tahap akhir. “Meskipun sudah siap mental, tapi tetap sedikit kecewa,” tuturnya. Setelah hatinya kembali tenang, dia kembali berupaya untuk menjadi kru Shenzhou-6.

Dua tahun kemudian, Fei Junlong telah mewujudkan impiannya menjadi kru Shenzhou-6. Tetapi dia masih mengalami penyesalan selama misi penerbangannya di ruang angkasa. Karena pekerjaannya terlalu sibuk, dia tidak punya waktu untuk menikmati pemandangan indah di luar jendela. Dia bertekad untuk kembali bertugas di ruang angkasa.

Sejak memasuki tim antariksa sampai misi penerbangan kali ini, Deng Qingming total telah menghabiskan waktu 25 tahun untuk usaha penerbangan antariksa. Dia merupakan astronot alternatif untuk misi penerbangan Shenzhou-9, Shenzhou-10 dan Shenzhou-11. Dia dan astronot resmi lainnya menjalankan latihan yang sama.

“Ruang angkasa tidak akan membuka pintunya hanya karena kisah saya yang mengharukan.” Menurutnya, terdapat dua macam kondisi bagi astronot, yang pertama adalah terbang, yang kedua adalah siap terbang. Selama 25 tahun ini, dia rajin berlatih dan siap siaga. “Ini adalah perjalanan yang panjang, dan saya rajin berlatih hanya demi hari ini.”

Sejak menjadi astronot pada tahun 2010, Zhang Lu sudah menyaksikan banyak rekan kerjanya terbang ke angkasa dan pulang dengan selamat. Dia kagum pada mereka, namun dia mengerti bahwa untuk menjadi seorang astronot yang unggul memerlukan banyak waktu. “Terbang ke angkasa adalah impian yang selalu ingin saya wujudkan.”

favorite 0 likes

question_answer 0 Updates

visibility 154 Views

Update
No Update Available
Related News
Tiongkok kukuhkan fondasi ketahanan pangan secara menyeluruh
Tahun Baru Imlek Tiongkok hangatkan ekonomi dunia
Pidato Presiden Xi berikan pedoman bagi peningkatan kerja sama Tiongkok-Amerika Latin
×