Selasa, 17 September 2024 10:13

Bulan purnama lepas kangen masyarakat

Kebudayaan

Pada 11 September 2024, Presiden Xi Jinping mendatangi komunitas penduduk Zaolin, Kota Lanzhou untuk menyampaikan ucapan selamat Festival Pertengahan Musim Gugur serta doa sehat walafiat kepada warga setempat.

Festival Pertengahan Musim Gugur atau Tiongciu adalah salah satu hari raya tradisional, yang sarat menyandang harapan terbaik putra-putri bangsa Tionghoa terhadap reuni keluarga dan rasa rindunya terhadap kampung halaman.

Menjelang hari raya Tiongciu 2015, Presiden Xi Jinping menghadiri resepsi yang diadakan oleh kalangan perantau Tionghoa di Seattle, AS. Dalam kesempatan itu, Presiden Xi mengutip sepenggal syair kuno yang sempat membangkitkan resonansi kaum diaspora yang penuh rasa kangen terhadap kampung halamannya di tanah air.
Presiden Xi telah membagi-bagikan kue bulan yang dibawanya dari tanah air dan mengatakan, “Kalian yang hadir hari ini sangat rindu terhadap kampung halaman dan kerabatmu di tanah air, begitu juga sebaliknya.”

Sejak memasuki era baru, setiap kali menjelang tibanya hari raya tradisional, Presiden Xi tidak pernah lupa memberikan ucapan selamat dan doa kepada masyarakat.
“Pertalian kekeluargaan tidak akan terpecah belah meski berjarak jauh. Pertalian persahabatan tidak akan terlupakan dalam kesibukan sehari-hari. Ikatan pertalian tidak akan diabaikan dalam perjuangan siang malam”;

“Kehidupan pada masa depan akan lebih bahagia dan lebih manis”;

...
Ucapan selamat dan doa dari Presiden Xi tersebut menjadi tumpuan harapan masyarakat, telah menyampaikan tekad kokoh yang menginspirasikan masyarakat untuk terus berjuang demi kehidupan yang indah.

favorite 0 likes

question_answer 0 Updates

visibility 169 Views

Update
No Update Available
Related News
Pedoman acara Gala Festival Pertengahan Musim Gugur CMG versi audio! Lagu mana yang paling menggugah hatimu?
Bulan purnama lepas kangen masyarakat
Hari Donor Darah Sedunia
×