Jumat, 20 September 2024 08:08

Danramil 03/Grogol Petamburan Mayor Inf Manatap Rajagukguk hadiri upacara Hari Rapat Raksasa IKADA Ke-79

Peristiwa

Jakarta Barat - Dalam rangka meningkatkan Sinergitas Tiga Pilar Kecamatan Palmerah, Danramil 03/Grogol Petamburan Mayor Inf Manatap Rajagukguk, S.E., M.H., M.M., beserta Babinsa Koramil 03/GP menghadiri Upacara Peringatan Hari Rapat Raksasa IKADA Ke-79 Tahun 2024, bertempat di Halaman Kantor Kecamatan Palmerah Jl. H.Taisir No.2 RT.02/RW.12 Kelurahan Palmerah, Kecamatan Palmerah, Jakarta Barat. Kamis (19/09/2024).

Dalam kegiatan tersebut, Camat Palmerah Drs. Joko Mulyono bertindak sebagai Inspektur Upacara Peringatan Hari Rapat Raksasa IKADA ke-79 Tahun yang dihadiri oleh Danramil 03/GP Mayor Inf Manatap Rajaguguk S.E., M.H., M.M., Kapolsek Palmerah yang diwakili oleh Wakapolsek Palmerah AKP Freddin Warto H, S.H., Wakil Camat Palmerah Pangestu Aji, Sekcam Muchamad Ilham, para Kasi Kecamatan Palmerah, para Lurah Se-Kecamatan Palmerah, para Babinsa Koramil 03/GP, serta seluruh Pegawai ASN dan PJLP di lingkungan Kantor Kecamatan Palmerah Jakarta Barat.

Membacakan amanat Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono, Camat Palmerah Drs. Joko Mulyono mengatakan bahwa peringatan rapat Raksasa Ikada mengingatkan semangat perjuangan dan keteguhan rakyat Indonesia dalam mempertahankan kedaulatan dan kemerdekaan yang telah diperjuangkan para pahlawan. Ini menjadi bukti bahwa Jakarta berperan penting dalam berbagai pergerakan dan perjuangan bangsa.

Camat Palmerah menyampaikan, sejak disahkan UU Nomor 2 Tahun 2024, Jakarta yang tidak lagi menjadi ibu kota negara, bersiap menjalani peran baru menjadi pusat perekonomian nasional dan kota global. Oleh karena itu, sinergi dan dukungan dari berbagai elemen masyarakat sangat dibutuhkan untuk mewujudkannya. Peringatan Hari Rapat Raksasa Ikada ke-79 ini menjadi momentum untuk terus menguatkan tekad dan semangat gotong royong dalam mengoptimalkan segala potensi Kota Jakarta untuk mampu bersaing dengan kota-kota maju lainnya di dunia.

Kedepannya, arah pengembangan Jakarta menuju Kota Global berfokus pada Perwujudan Jakarta sebagai pusat ekonomi Asia Tenggara, pengembangan sumber daya manusia unggul, produktif, dan sejahtera serta penurunan emisi gas rumah kaca menuju net zero emission tahun 2050.

Upacara peringatan Hari Rapat Raksasa Ikada ke-79 Tahun 2024, diawali dengan pengibaran bendera merah putih oleh Paskibra dan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Kemudian dilanjutkan dengan pembacaan teks Pancasila, UUD 45 dan riwayat singkat sejarah peristiwa rapat Ikada, mengheningkan cipta dan pembacaan do'a.

Sementara itu, Komandan Koramil 03/Grogol Petamburan Mayor Inf Manatap Rajaguguk S.E., M.H., M.M., mengatakan bahwa peristiwa Rapat Raksasa Ikada menjadi pengingat perjalanan kemerdekaan yang diraih dengan tidak pernah mudah sebab tantangan yang dihadapi oleh pahlawan sangat besar.
“Peristiwa ini mengajarkan kita terus berjuang kerja sama dan mengembangkan nilai-nilai kemerdekaan,” ucap Danramil 03/GP kepada awak media.

“Kita semua memiliki tanggung jawab besar dalam melanjutkan perjuangan dalam membangun Indonesia lebih baik sehingga, setiap abdi negara baik itu TNI, Polri, ASN, maupun warga khususnya di Palmerah ini harus memiliki visi yang sejalan dengan pembangunan. Momentum peringatan Hari Rapat Raksasa IKADA harus menjadi pemantik semua masyarakat, untuk sama-sama membangun Jakarta sebagai kota global yang berkelanjutan demi masa depan kita bersama,” pungkas Danramil.
 
Perlu diketahui, Upacara Hari Peringatan Rapat Raksasa Ikada ke-79 dalah bentuk peringatan terkait Rapat Raksasa Ikada pada 19 September 1945, rapat umum tersebut dipelopori oleh pemuda dan masyarakat Jakarta yang ingin menguatkan tekad dalam menyambut kemerdekaan Indonesia saat usia kemerdekaan baru satu bulan. Rapat umum tersebut dilakukan di Lapangan Ikada (Ikatan Atletik Djakarta) dipimpin oleh Komite Van Aksi. Saat ini, lapangan Ikada menjadi Plaza Selatan Monas.

(M.Solichin)

favorite 0 likes

question_answer 0 Updates

visibility 40 Views

Update
No Update Available
Related News
Danramil 03/Grogol Petamburan Mayor Inf Manatap Rajagukguk hadiri upacara Hari Rapat Raksasa IKADA Ke-79
Jam komandan, Danrem 052/Wijayakrama sampaikan pesan mendalam kepada prajuritnya
Kunjungan Bersejarah: Danrem 052/Wkr pimpin langsung pengamanan kedatangan Paus Fransiskus di Indonesia
×