Kamis, 13 Agustus 2020 21:33

#BeritaKehumasan : Hari UMKM Nasional, Mekari tegaskan komitmen dorong UKM menjadi bagian ekosistem ekonomi digital

Press Release

Jakarta, 12 Agustus 2020 - Pandemi COVID-19 ini memberikan dampak besar bagi usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Daya beli yang turun membuat usaha mereka terpuruk, padahal UMKM merupakan penggerak ekonomi nasional. Salah satu strategi yang digencarkan untuk mendorong UKM mempertahankan usahanya di tengah krisis saat ini adalah transformasi digital. “Digitalisasi menjadi penting sebab perubahan perilaku konsumen dengan membatasi interaksi fisik dan mengurangi aktivitas di luar rumah terbukti dapat memberi peluang lebih besar kepada UMKM yang terhubung dengan ekosistem digital,” ujar Deputi Bidang Sumber Daya Manusia Kemenkop UKM, Arif Rahman Hakim dikutip dari CNN Indonesia.

Sayangnya, peluang tersebut belum dimanfaatkan secara optimal sebab dari sekitar 64 juta populasi UMKM di Indonesia, baru 13 persen yang telah go digital. Kemenkop UKM pun menargetkan 10 juta UMKM dapat terdigitalisasi hingga akhir 2020. Sementara saat ini telah ada 9,4 juta UMKM yang go digital. Jumlah tersebut, berdasarkan data Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), bertambah sebanyak 1,4 juta dari tahun 2019 yang masih di angka 8 juta UMKM.

Dorongan untuk melakukan digitalisasi juga dilakukan oleh Asosiasi UMKM Indonesia (Akumindo). Muhammad Ikhsan Ingratubun, selaku Ketua Umum Akumindo, mengimbau anggotanya agar memanfaatkan digitalisasi untuk melakukan promosi serta penjualan produknya agar dikenal pasar lebih luas dengan cara yang efisien. “Sejauh ini, Akumindo mendorong pelaku UMKM untuk meningkatkan kemampuan SDM-nya agar bisa mengoperasikan teknologi dan memanfaatkan platform digital seperti media sosial untuk memperluas jangkauan penjualan produknya. Kemampuan branding, kualitas foto atau gambar produk dalam promosi di media sosial misalnya menjadi salah satu edukasi yang diberikan kepada anggota Akumindo,” ujar Ikhsan.

Dibutuhkan edukasi secara menyeluruh bagi pelaku UKM untuk memahami bahwa transformasi digital tidak hanya sebatas eksis di e-commerce atau marketplace, tetapi keberlanjutan proses bisnis secara menyeluruh dengan memanfaatkan teknologi.

Bertepatan dengan Hari UMKM Nasional ini, Mekari, selaku perusahaan Software as a Service, menegaskan komitmennya membantu UKM bertransformasi menjadi bagian dari ekosistem ekonomi digital. Salah satunya melalui produk aplikasi akuntansi online berbasis cloud yang dimilikinya yaitu Jurnal.

Suwandi Soh, CEO Mekari menjelaskan, “Di masa sulit ini, teknologi akan membantu UKM melakukan kolaborasi jarak jauh secara digital dengan rekan kerja, sekaligus membantu operasional UKM lebih efisien karena mengubah proses manual yang memakan waktu melalui digitalisasi dan automasi. Poin itulah yang dihadirkan Jurnal dengan harapan bisa membantu UKM Indonesia bisa lebih efektif dan efisien dalam mengelola keuangan bisnis, khususnya di masa sulit ini.”

Jurnal memiliki 8 fitur utama yang dapat memudahkan operasional bisnis UKM yaitu Business & Financial Reports yang membantu pelaku UKM memastikan performa bisnis selalu terkontrol & buat keputusan bisnis dengan cepat berdasarkan data yang akurat dan realtime, fitur Accounting yang memudahkan proses akuntansi melalui automasi dan mengeliminasi risiko kesalahan dalam proses pembukuan, fitur Transaction membantu pengelolaan akun kas dan bank secara efisien juga memungkinkan pelaku UKM mengelola transaksi dengan mata uang asing tanpa proses manual, fitur Invoicing memungkinkan pemilik UKM melakukan personalisasi faktur dengan pengingat otomatis dan opsi pembayaran online serta mempercepat entri data dan proses invoice yang berulang dengan perhitungan pajak otomatis, fitur Product & Inventory akan membantu overview produk dan gudang secara realtime dan bisa mengelola stok gudang di berbagai lokasi, fitur Expenses yang membantu pemilik UKM mencatat dan mengelola budgeting perusahaan serta manajemen pengeluaran yang transparan dan akuntabel, fitur Tax Management yang terintegrasi dengan Klikpajak memudahkan pemilik UKM membuat dan mengelola faktur pajak langsung di Jurnal dengan aman dan sesuai regulasi, dan terakhir adalah fitur Mobile Accounting dimana pengelolaan bisnis bisa dilakukan melalui jarak jauh dan pelaku UKM bisa mendapat insight perkembangan bisnis di smartphone masing - masing.

Jurnal juga secara aktif melaksanakan event edukasi baik secara offline ataupun webinar yang mengangkat berbagai topik terkait pemanfaatan teknologi bagi UKM untuk mengembangkan bisnisnya dari sisi operasional, keuangan, marketing, branding dan lainnya melalui program Jurnal Entrepreneur dan Jurnal Masterclass.

“UKM disebut penggerak ekonomi Indonesia, karena berdasarkan data memberikan kontribusi lebih dari 60% PDB dan 95% tenaga kerja ada di industri UKM. Penting bagi UKM untuk mengasah diri menjadi lebih baik. Bayangkan kalau UKM tidak naik kelas, bagaimana dampaknya pada PDB dan tenaga kerja. Masa sulit ini bisa dimanfaatkan untuk memperbaiki kualitas dan memanfaatkan penggunaan teknologi untuk meningkatkan produktivitas operasional bisnis,” tambah Suwandi.

Sementara Ikhsan menambahkan harapannya di Hari UMKM Nasional ini, “UMKM teruslah bertahan agar dapat menopang perekonomian Indonesia menjadi lebih baik lagi, khususnya di Q3. Gunakan cara penjualan dan pengoperasian usaha dengan biaya yang terjangkau, efektif dan efisien seperti pemanfaatan teknologi agar kita bisa meraih pasar internasional dan mampu bersaing dengan produk mancanegara lainnya.”

Hingga saat ini, Jurnal telah dipercaya oleh lebih dari 17.000 bisnis di seluruh Indonesia dan dapat diakses menggunakan metode berlangganan dengan biaya mulai dari Rp 199.000/ bulan. Khusus di Agustus ini, Jurnal memberikan promo khusus coba gratis selama 60 hari dan diskon hingga 25% serta training sebanyak 4 kali. Untuk informasi lebih lanjut bisa mengunjungi https://www.jurnal.id/id/.

--- Selesai ---



Tentang Mekari

Mekari menghadirkan solusi operasional SDM & Keuangan yang terbuka dan dapat diakses setiap pemilik usaha di Indonesia, dibangun dengan infrastruktur berbasis cloud dan teknologi terdepan, Mekari siap berkontribusi dalam mendigitalisasi UKM Indonesia demi meningkatkan daya saing bisnis.
Produk yang dikembangkan oleh Mekari :
● Talenta - Produk software yang mendukung pertumbuhan bisnis dengan lebih cepat melalui automasi payroll dan Human Resource Information System (HRIS).
● Jurnal - Produk software akuntansi online berbasis cloud bagi para pelaku bisnis untuk mengelola finansial dan pembukuan bisnis.
● Sleekr - Produk software HR #1 yang memberikan solusi dalam mengelola administrasi HR dengan praktis dan andal.
● Klikpajak - Aplikasi pengelolaan pajak berbasis online untuk bisnis badan maupun perorangan dan telah menjadi mitra pajak resmi dari Direktorat Jenderal Pajak Indonesia.

favorite 2 likes

question_answer 0 Updates

visibility 519 Views

Update
No Update Available
Related News
Diskual adakan Rekonsiliasi Internal Penyelesaian Migrasi Data semester I TA 2022 di lingkungan TNI AL UO TNI AL di Lantamal VI
Wakil Komandan Lantamal VI lepas Calon Taruna AAL TA. 2022
Meriahkan HUT Ke-72 tahun 2022, Lantamal VI adakan senam aerobik dan fun games
×