Jumat, 09 Oktober 2020 23:23

Indonesia pimpin Kelompok Kepala Perwakilan Organisasi Kerjasama Islam (OKI) pada acara resepsi OIC Day di Canberra

Press Release

Canberra, 7 Oktober 2020: “Melalui acara ini kami ingin meningkatkan pemahaman masyarakat di Australia mengenai OKI sebagai organisasi, sekaligus sebagai Kelompok HoM OIC di Canberra. OKI merupakan suara kolektif dunia Muslim untuk menjaga dan melindungi kepentingan Ummat, mendorong perdamaian internasional dan harmoni di antara berbagai komunitas di dunia”, hal ini disampaikan Duta Besar H.E. Y. Kristiarto S. Legowo Legowo pada peringatan OIC Day pertama kalinya di Australia.

Resepsi yang diselenggarakan di Balai Kartini, KBRI Canberra, pada 7 Oktober 2020 ini diawali dengan pidato pembukaan dari tuan rumah, H.E. Y. Kristiarto S. Legowo, Duta Besar Republik Indonesia dan juga selaku Ketua Grup, yang mengangkat peran OKI sebagai organisasi internasional terbesar kedua di dunia setelah PBB dengan tujuan mempromosikan perdamaian dan harmoni dalam hubungan internasional.
“Selanjutnya, Kelompok HoM OIC di Canberra yang didirikan pada 2015 bertujuan untuk meningkatkan pemahaman Islam dalam masyarakat Australia yang lebih luas dan memperkuat kerja sama antara negara anggota OKI dan Australia”, tambah Duta Besar Legowo.

Tamu Kehormatan acara, Deputi Menteri Luar Negeri Australia, Ms. Harinder Sidhu, yang juga Chief Operating Officer Departemen Luar Negeri dan Perdagangan (DFAT) Australia, menyambut baik kontribusi OKI untuk upaya mencapai perdamaian abadi dan menekankan relevansinya dengan karakter multikultural masyarakat Australia.

Deputi Menlu Sidhu menegaskan kembali komitmen Australia untuk menanggulangi kekerasan berbasiskan agama dan kepercayaan dengan mengacu pada Resolusi Dewan Hak Asasi Manusia pada 19 Januari 2015: “combating intolerance, negative stereotyping and stigmatization of, and discrimination, incitement to violence and violence against person based on religions and beliefs”.

Resepsi OIC Day diselenggarakan melalui kolaborasi 24 Perwakilan negara anggota OKI di Canberra dari total 57 negara anggota OKI. Di antara tamu undangan yang hadir adalah perwakilan dari Pemerintah Australia, Pemerintah Negara Bagian Australian Capital Territory (ACT), Korps Diplomatik, Akademisi, Think Tank dan jurnalis.

Resepsi Hari OKI adalah acara gabungan OKI pertama oleh Grup di Canberra untuk memperingati HUT ke-51 OKI yang didirikan pada 25 September 1969. Resepsi tersebut diakhiri dengan foto bersama Pimpinan Pimpinan OKI dengan Tamu Kehormatan.

(Sumber: KBRI Canberra)

favorite 3 likes

question_answer 0 Updates

visibility 1493 Views

Update
No Update Available
Related News
Diskual adakan Rekonsiliasi Internal Penyelesaian Migrasi Data semester I TA 2022 di lingkungan TNI AL UO TNI AL di Lantamal VI
Wakil Komandan Lantamal VI lepas Calon Taruna AAL TA. 2022
Meriahkan HUT Ke-72 tahun 2022, Lantamal VI adakan senam aerobik dan fun games
×