Minggu, 29 Januari 2023 14:12

Tahun Baru Imlek Tiongkok hangatkan ekonomi dunia

Luar Negeri

Selama liburan Tahun Baru Imlek 2023, wisatawan Tiongkok yang bertamasya di dalam dan luar negeri tercatat 308 juta orang, pendapatan pariwisata domestik mencapai 375,8 miliar Yuan RMB, kedua angka tersebut masing-masing meningkat 23,1 persen dan 30 persen. Pendapatan Box Office Tiongkok selama liburan Tahun Baru Imlek tercatat 6,75 miliar Yuan, meningkat 11,8 persen dibandingkan masa yang sama tahun lalu. Jumlah orang yang keluar dan masuk wilayah Tiongkok pun meningkat 120,5 persen dibandingkan masa yang sama tahun lalu. Serangkaian data terbaru yang diumumkan Tiongkok terkait liburan Tahun Baru Imlek 2023 menciptakan ‘rekor baru’ bagi ekonomi Tiongkok.

Konsumsi merupakan daya tarik pertama ekonomi Tiongkok selama beberapa tahun ini. Namun pada tahun 2022 yang masih terdampak pandemi, tingkat kontribusi pengeluaran konsumsi Tiongkok bagi pertumbuhan ekonomi hanya 32,8 persen, lebih rendah daripada tingkat kontribusi modal yang hanya 50,1 persen. Rapat kerja Ekonomi Pusat yang dibuka pada akhir tahun 2022 menunjukkan, pada tahun 2023, Tiongkok akan memprioritaskan pemulihan dan pengeluaran konsumsi. Seiring dengan penanggulangan pandemi Tiongkok yang telah memasuki tahap baru, berbagai daerah mengeluarkan serangkaian tindakan stimulasi konsumsi seperti mengeluarkan kupon konsumsi dan menyelenggarakan ‘Festival Belanja Tahun Baru Imlek’, Menteri Perdagangan Tiongkok menetapkan tahun 2023 sebagai ‘Tahun Pendongrak Konsumsi’. Dengan demikian, ‘Pekan Emas’ Tahun Baru Imlek 2023 menunjukkan manfaat yang dimilikinya, dan membagikan bonus Tiongkok kepada seluruh dunia.

Sementara itu, banyak wisatawan Tiongkok keluar negeri untuk menikmati ‘Tahun Baru Imlek Tiongkok’ di luar negeri. Data terkait menunjukkan, pesanan wisatawan Tiongkok di luar negeri selama liburan Tahun Baru Imlek meningkat 640 persen dibandingkan masa yang sama tahun lalu. Pada hari pertama Tahun Baru Imlek 2023, pesawat carter wisatawan Tiongkok pertama tiba di Bali, Indonesia dan disambut baik oleh warga setempat. Gubernur Bali I Wayan Koster mengungkapkan, “Tiongkok selalu menjadi salah satu sumber wisatawan terbesar bagi Bali, kedatangan kembali wisatawan dari Tiongkok diyakini akan membangkitkan kembali pariwisata Bali.” Media asing menunjukkan, prediksi kedatangan jutaan wisatawan Tiongkok akan mendorong pemulihan mantap industri perhotelan, pariwisata dan bisnis di seluruh dunia.

Sebagai sebuah jendela untuk meninjau pasar konsumsi Tiongkok, pulihnya kembali konsumsi Tiongkok selama liburan Tahun Baru Imlek merupakan titik permulaan yang baik bagi ekonomi di tahun 2023, hal ini sekali lagi menunjukkan ketangguhan dan potensi besar pasar konsumsi Tiongkok, dan perkembangan konsumsi Tiongkok terus membaik dalam jangka waktu panjang. Lembaga Riset Goldman Sachs berpendapat, konsumsi diharapkan dapat menjadi titik terang pertumbuhan ekonomi Tiongkok di tahun 2023. UBS memprakirakan, konsumsi Tiongkok akan kembali bangkit pasca liburan Tahun Baru Imlek.

Inilah kabar baik bagi ekonomi dunia. Sejak triwulan keempat tahun lalu, banyak lembaga investasi internasional yang berturut-turut menaikkan prediksinya pada laju pertumbuhan ekonomi Tiongkok di tahun 2023. Laporan PBB pada tanggal 25 Januari lalu memprakirakan, pertumbuhan ekonomi dunia di tahun 2023 akan turun dari 3 persen di tahun 2022 sampai 1,9 persen, sedangkan pertumbuhan ekonomi Tiongkok akan mencapai 4,8 persen dan akan mendongrak pertumbuhan ekonomi regional. Situs web Harian Financial Times Inggris dalam laporannya menunjukkan, setelah Tiongkok dengan tegas mengoptimalkan tindakan penanggulangan pandeminya, para konsumen terus membuka dompetnya untuk berkonsumsi, prediksi semacam ini telah ‘mendukung harapan terhadap pemulihan ekonomi global’.

Dewasa ini, situasi internasional masih terus berubah dan rumit, fondasi pemulihan ekonomi Tiongkok masih belum stabil dan masih memerlukan lebih banyak upaya untuk mendorong perbaikan ekonomi secara menyeluruh. Akan tetapi rakyat Tiongkok yakin dan mampu mendorong ekonomi tahun 2023 terus membaik. Pasar konsumsi Tiongkok selama liburan Tahun Baru Imlek adalah titik permulaan yang baik dan telah menghangatkan ekonomi dunia yang diterjang ombak dingin.

favorite 0 likes

question_answer 0 Updates

visibility 262 Views

Update
No Update Available
Related News
Buka situasi baru kerja sama dan menang bersama
Majalah Qiushi rilis artikel Xi Jinping
Leaders Talk: Wawancara khusus dengan Presiden Kongo (Brazzaville)
×