Selasa, 08 Agustus 2023 10:39

Xi Jinping: kesehatan rakyat adalah indikator utama modernisasi

Olahraga

Hari ini, tanggal 8 Agustus bertepatan dengan Hari Olahraga Nasional Tiongkok ke-15.

Saat ini, usia harapan hidup rata-rata warga Tiongkok telah meningkat hingga 78,2 tahun, dengan beberapa indikator utama kesehatan penduduk berada di barisan depan negara-negara berpenghasilan tinggi dan menengah.

“Kesehatan rakyat tetap menjadi indikator yang paling utama dalam modernisasi, dan ini adalah dasar dari kehidupan bahagia masyarakat.” Sejak Kongres Nasional ke-18 PKT, Komite Sentral PKT dengan Xi Jinping sebagai intinya telah menjadikan kebugaran fisik seluruh masyarakat sebagai strategi nasional untuk secara masif melakukan kegiatan berolahraga seluruh masyarakat, serta mendorong hal itu untuk berintegrasi secara mendalam dengan kesehatan seluruh masyarakat, guna mendorong kebugaran fisik dan kesehatan seluruh masyarakat mencapai kemajuan komprehensif, dan mencapai prestasi yang bersejarah.

“Jika kuat di bidang olahraga, maka negara pun akan kuat; jika negara makmur, maka olahraga pun maju.” Pada tanggal 27 Agustus 2017, Xi Jinping menggelar pertemuan dengan para perwakilan kesatuan dan individu yang mendapat “penghargaan kemajuan”, dalam pembinaan olahraga tingkat nasional. Dalam kesempatan itu, Xi Jinping berpesan bahwa olahraga identik dengan masa muda, kesehatan dan vitalitas, bersangkutan dengan kebahagiaan rakyat, dan bersangkutan dengan masa depan bangsa.

Pada tanggal 4 Januari 2022, Xi Jinping untuk kelima kalinya meninjau persiapan Olimpiade Musim Dingin Beijing. Ia menunjukkan, dalam proses berkembang dari negara kuat olahraga menjadi Tiongkok yang sehat, keterikatan antara kesehatan rakyat, mutu fisik rakyat dan kebahagiaan rakyat adalah seiring dan sejalan. Hal ini termasuk dalam misi pembangunan masyarakat sejahtera dan modernisasi negara. Signifikansinya sangat besar walau kelihatannya seperti hal kecil.

Dalam Program Repelita ke-14 dan Ikhtisar Visi 2035 telah diajukan target membangun Tiongkok menjadi negara kuat olahraga dan negara yang sehat sampai pada tahun 2035. Untuk itu, Tiongkok telah memberlakukan serangkaian undang-undang dan kebijakan yang akan secara sistematis mendorong program seluruh masyarakat untuk berolahraga.

Selain itu, Tiongkok telah membangun banyak fasilitas olahraga dan memperbaiki sistem layanan publik untuk meningkatkan kegiatan olahraga masyarakat. Misalnya di kolong jembatan dan bekas bengkel yang terbengkalai telah dibangun taman-taman olahraga atau kebugaran fisik, yang berarti masyarakat dapat mencapai fasilitas olahraga di mana pun paling lama dalam waktu 15 menit. Kini, pendidikan olahraga semakin menjadi pilihan favorit bagi masyarakat.

Pertandingan sepak bola di pedesaan yang diberikan nama “Super League Desa” atau Cunchao dalam bahasa Mandarin telah menjadi trending topik di Tiongkok. Setelah memasuki musim panas, pertandingan sepak bola amatir tersebut telah digelar ramai di bagian barat daya Tiongkok, dan disukai oleh seluruh masyarakat.

Di ajang pertandingan “Cunchao”, para pemain bertanding dengan sengit, padahal mereka adalah petani sayur, pedagang ikan atau buruh konstruksi dan koki restoran. Mereka berkumpul di perhelatan tersebut karena hobinya yang gemar berolahraga.

Di tribun terdengar teriakan para suporter yang bergemuruh. Pertandingan “Cunchao” bahkan menarik liputan medsos, dan penonton daringnya mencapai ratusan juta orang. Di lapangan sangat terasa euforia para penonton yang ikut menunjukkan semangat bersatu padu.

Dasar bagi negara kuat terletak pada pemasyarakatan olahraga. Jalan menuju negara kuat olahraga adalah jalan sehat yang mengejar target untuk lebih cepat, lebih kuat, lebih bersolidaritas dan lebih bahagia.

Terhitung hingga akhir tahun 2022, di seluruh negeri tersedia 422.680 lapangan olahraga, dengan arealnya seluas 3,702 miliar meter persegi. Sementara itu, jumlah peserta olahraga rutin mencapai 500 juta jiwa. Sebesar 90 persen penduduk mencapai standar pengujian kualifikasi fisik nasional.

Dari “Cunchao” hingga pertandingan bola basket amatir desa, dari pertandingan amatir bola voli di Hainan hingga perlombaan perahu naga di Hunan dan Guangdong, olahraga telah sangat memicu antusiasme masyarakat untuk berolahraga, mendorong Tiongkok mempercepat langkahnya untuk berkembang menjadi negara kuat olahraga yang sebaliknya akan mendorong pemasyarakatan olahraga di seluruh negeri.

favorite 0 likes

question_answer 0 Updates

visibility 572 Views

Update
No Update Available
Related News
`LikeAChamp` picu gelombang interaksi internet global dengan tema Asian Games
Universiade Chengdu ditutup
Xi Jinping: kesehatan rakyat adalah indikator utama modernisasi
×