Jumat, 18 Oktober 2024 18:29

Pangdam Jaya mengikuti Apel Gelar Pasukan Operasi Pam VVIP Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden

Peristiwa

Jakarta Pusat - Pangdam Jaya/Jayakarta Mayjen TNI Rafael Granada Baay selaku Dansatgas Pamwil mengikuti Apel Gelar Pasukan dalam rangka Operasi Pengamanan VVIP Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden periode 2024-2029, di Lapangan Silang Monas Jakarta Pusat. Jum'at (18/10/2024).

Dalam rangka menyambut momen terpenting dalam sejarah politik Indonesia, dan memastikan kesiapan maksimal Pasukan TNI-Polri dalam satuan tugas pengamanan VVIP, Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subianto bersama Kapolri Jenderal Pol. Drs. Listyo Sigit Prabowo M.Si., bertindak selaku pimpinan Apel Gelar Pasukan Pengamanan VVIP Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI terpilih periode 2024-2029.

Apel Gelar Pasukan tersebut melibatkan 24.200 Personel TNI-Polri berikut Alutsista yang tergabung dalam Komando Gabungan Terpadu Pengamanan (Kogabpadpam) dibawah pimpinan Pangkogabwilhan l Laksamana Madya TNI Rachmad Jayadi, sebagai satuan tugas pengamanan, yang akan bertugas mulai tanggal 18 s.d 23 Oktober 2024, untuk mengamankan jalannya pelantikan dan pengambilan sumpah Presiden/Wakil Presiden pada tanggal 20 Oktober 2024 mendatang di Gedung DPR/MPR RI Senayan Jakarta Pusat.

Apel gelar pasukan Operasi Pengamanan VVIP ini tidak hanya sekedar acara kenegaraan biasa, tetapi juga menegaskan komitmen TNI-Polri dalam menjaga stabilitas nasional. “Ini bukan hanya tentang menjaga keamanan pelantikan, tetapi juga menjaga kehormatan dan kedaulatan negara,” ujar Panglima TNI.

Dengan berbagai langkah strategis yang telah dipersiapkan, satuan tugas pengamanan ini menjadi simbol kuat bahwa TNI dan Polri siap mengawal transisi kepemimpinan negara.“Pengamanan VVIP ini tanggung jawab mulia untuk menjaga simbol negara yang rencana akan dihadiri 76 Kepala Negara sahabat.” lanjut Panglima TNI.

Diakhir sambutannya Panglima TNI mengajak seluruh anggota TNI-Polri agar mewaspadai kemungkinan munculnya ancaman keamanan sebelum, selama dan sesudah pelaksanaan, adakan koordinasi dengan instansi terkait demi kelancaran pelaksanaan tugas, serta berdo’a kepada Tuhan YME sehingga acara akbar nanti dapat berjalan dengan aman, lancar dan kondusif.

Hadir pada Apel Gelar Pasukan ini diantaranya Para Kepala Staf Angkatan KASAD, KASAL, KASAU, Pejabat teras Mabes TNI dan Mabes Polri, Pangkostrad, Danjenkopassus, Kapolda Metro Jaya, PJ. Gubernur Jakarta serta Forkopimda DKI Jakarta.

(M.Solichin)

favorite 0 likes

question_answer 0 Updates

visibility 52 Views

Update
No Update Available
Related News
Pangdam Jaya mengikuti Apel Gelar Pasukan Operasi Pam VVIP Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden
Danrem 052/WKR mengikuti Apel Gelar Pasukan Operasi Pam VVIP Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden
Danramil 03/Grogol Petamburan Mayor Inf Manatap Rajagukguk pimpin apel bersama
×