Selasa, 09 November 2021 02:41

Universitas Ma Chung dirikan Kampung Mandarin di Tulungagung

Pendidikan

Dalam rangka menyediakan pembelajaran bahasa Mandarin yang holistik, Universitas Ma Chung bekerja sama dengan pemerintah Kabupaten Tulungagung, tokoh masyarakat, dan tokoh agama di Desa Besuki, Dusun Tumpuk untuk bersinergi membangun pelatihan Bahasa Mandarin (Model Kampung Mandarin).

Dalam pertemuannya dengan Rektor Universitas Ma Chung Assoc Prof. Dr. Murpin Josua Sembiring SE MSi Kamis lalu (4/11), Bupati Tulungagung Drs H Maryoto Birowo MM menyambut baik ide pendirian pelatihan Bahasa Mandarin (Model Kampung Mandarin) di Tulungagung. “Tuntutlah ilmu sampai ke negeri China. Tidak ada salahnya mendukung penuh (pendirian pelatihan Bahasa Mandarin), karena ini juga bagian dari menjaga kesejahteraan masyarakat,” tutur Maryoto.

Sementara itu, Rektor Universitas Ma Chung Assoc Prof. Dr. Murpin Josua Sembiring SE MSi mengatakan, “Tentunya bisa menjadi pusat pendidikan bahasa Mandarin untuk segala keperluan. Terutama dalam pengembangan SDM perusahaan maupun dunia pendidikan.”

Program pelatihan Bahasa Mandarin (Model Kampung Mandarin) di Dusun Tumpuk diharapkan membawa dampak ekonomi bagi masyarakat yang ada di sekitarnya, melalui fasilitas tempat penginapan, warung makan, laundry, objek wisata, persewaan sepeda, dan kebutuhan pokok sehari-hari lainnya yang menjadi peluang usaha baru bagi masyarakat setempat.

Kampung Mandarin adalah suatu ide besar yang akan dapat berkembang terus menerus jika didukung oleh semua pihak, sehingga dapat memiliki dampak tidak saja bagi masyarakat sekitar, tapi juga bagi pemerintahan kabupaten dan provinsi. Selain itu, inisiatif ini juga dapat meningkatkan hubungan baik antara Indonesia dengan negara-negara lain yang berbahasa Mandarin di dunia. Kampung Mandarin di Dusun Tumpuk diharapkan akan memiliki gaung secara nasional dan internasional.

Universitas Ma Chung sebagai perguruan tinggi yang memiliki Program Studi Pendidikan Bahasa Mandarin serta telah melakukan pengajaran bahasa Mandarin di beberapa sekolah di Jawa Timur memiliki keahlian untuk membuka kursus Bahasa Mandarin di Kampung Mandarin. Universitas Ma Chung yang memegang teguh prinsip penyediaan layanan pendidikan yang unggul dan berkualitas berharap dapat meningkatkan sumbangsihnya bagi Indonesia dengan menginisiasi proses ini.

(sumber: Univeristas Ma Chung)

favorite 2 likes

question_answer 0 Updates

visibility 868 Views

Update
No Update Available
Related News
Bekerja sama dengan Unila, DPC Peradi SAI Lampung, kembali adakan PKPA ke-3
Dubes Fadjroel Meresmikan PPI Kazakhstan
Penerimaan Mahasiswa Baru: Desain Komunikasi Visual Institut Sains dan Teknologi Al-Kamal (DKV-ISTA) Jakarta
×