Rabu, 08 Mei 2024 08:35

Kegiatan pertukaran antar masyarakat Tiongkok-Serbia digelar di Belgrade

Kebudayaan

Menjelang kunjungan kenegaraan Presiden Tiongkok Xi Jinping ke Serbia, China Media Group dan Radio dan Televisi Nasional Serbia kemarin waktu setempat (7/5) bersama-sama menyelenggarakan kegiatan pertukaran antar masyarakat ‘Tiongkok-Serbia Bersahabat dan Bertetangga Rukun’. Presiden Serbia Aleksandar Vucic menyampaikan pidato virtual dan mengucapkan selamat atas kesuksesan acara tersebut.

Pada kesempatan itu, Wakil Perdana Menteri Serbia Aleksandar Vulin mengatakan, ada pepatah di Serbia yang berbunyi bahwa "sahabat adalah buah dari waktu". Selama lebih dari 60 tahun, masyarakat kedua negara selalu berhubungan mesra satu sama lain, dan menjalin persahabatan istimewa yang melintasi ruang dan waktu. Pertukaran antar masyarakat merupakan kekuatan pendorong perkembangan hubungan bilateral. Serbia bersedia bekerja sama dengan CMG dan media Tiongkok lainnya untuk lebih memperdalam pertukaran dan kerja sama, menceritakan kisah saling menguntungkan antara kedua negara dan persahabatan yang mendalam antara kedua bangsa, dan memelihara momentum perkembangan pesat kemitraan strategis komprehensif Serbia-Tiongkok.

Presiden CMG Shen Haixiong menyatakan bahwa kunci komunikasi adalah saling memahami dan mencintai. Di hati masyarakat Tiongkok, Serbia adalah "sahabat besi", artinya Serbia memiliki tekad tegas bagaikan besi dan karakter yang ulet. Dalam beberapa tahun terakhir, CMG telah bekerja sama dengan banyak media arus utama di Serbia, bersama-sama memproduksi dan menyiarkan sejumlah film dokumenter, bersama-sama meluncurkan kolom seperti "Fokus" dan "Perspektif Pertama", dan menyelenggarakan kegiatan pemutaran film "Musim Karya Fotografi Tiongkok" di Serbia.

Pada tahap selanjutnya, CMG juga akan meluncurkan kerja sama yang lebih luas dengan Departemen Hubungan Media Kantor Kepresidenan Serbia, "Berita Politik" Serbia, Radio dan Televisi Nasional Serbia, dan lembaga lainnya. Diharapkan dengan ini akan memperluas lebih lanjut saluran pertukaran antar masyarakat kedua negara dan menginjeksi daya penggerak baru untuk pembangunan komunitas senasib sepenanggungan umat manusia.

Untuk memperdalam kerja sama, CMG dan Administrasi Pariwisata Serbia menandatangani dan bertukar nota kerja sama. Kedua pihak akan bekerja sama dalam produksi bersama program, perencanaan bersama proyek, promosi acara, dan aspek lainnya untuk bersama-sama mempromosikan penyebaran luas pariwisata dan kebudayaan kedua negara serta meningkatkan saling pengertian dan ikatan antara masyarakat.

favorite 0 likes

question_answer 0 Updates

visibility 149 Views

Update
No Update Available
Related News
Kegiatan pertukaran antar masyarakat Tiongkok-Serbia digelar di Belgrade
Acara Idiom Klasik dari Xi Jinping (edisi internasional) disiarkan di Serbia
CMG luncurkan acara pertukaran budaya kuliner Tiongkok-Prancis “Masa Jaya Gastronomi--Kompetisi Juru Masak Tiongkok-Prancis”
×